• https://spadav2.unikal.ac.id/lang/paito-hk/
  • Sbotop
  • http://fairplay.uho.ac.id/lapas/sensus/
  • https://theoejwilson.com/
  • https://penkopjurnal.uho.ac.id/cokky/cheat/
  • slot demo
  • iblis merah hack
  • https://prologue.sastra.uniba-bpn.ac.id/js/idslot/
  • alexis toto
  • Robot Merah Hack
  • pusat maxwin
  • santuy4d
  • https://spada.ppg.ung.ac.id/mod/sthai/
  • https://simlinmas.kemendagri.go.id/web/xgacor/
  • https://conference.uhnsugriwa.ac.id/pages/tslot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/demo-slot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/slotraf/
  • turbox500
  • Lapak Cheat
  • Lucky RP
  • https://www.ies.ftk.uinjambi.ac.id/pages/dewa288/
  • https://ett.ftk.uinjambi.ac.id/pages/ligaciputra/
  • https://rechtenstudent.uinkhas.ac.id/pages/scatter/
  • http://elearning.wisnuwardhana.ac.id/mod/santuymax/
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/js/bni4d/
  • https://elearning.pranataindonesia.ac.id/course/santuy4d/
  • http://ijsab.fateta.unand.ac.id/lib/pkp/zara4d/
  • Garudaslot
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/assets/wdbos/
  • slot thailand
  • https://e-journal.usd.ac.id/lib/pkp/scatter/
  • https://lexeconomicajournal.uinkhas.ac.id/pages/garudaslot/
  • garuda slot
  • garudaslot
  • PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI KELAS X SMA NEGERI 11 PALEMBANG | apriawan | Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

    PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI KELAS X SMA NEGERI 11 PALEMBANG

    mabin apriawan, Emil El Faisal, kurnisar kurnisar

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaranbrainstormingterhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas X SMA Negeri 11 Palembang. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 11 Palembang yang berjumlah 408 orang dengan menggunakan tekink sampel purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yaitu teknik dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil observasi data penelitian diproleh perbedaan rerata persentase keaktifan belajar siswa menggunakan metode pembelajaran curah pendapat sbesar 77.25% dengan kategori aktif, sedangkan rerata persentase keaktifan belajar siswa dengan metode pembelajaran problem solving hanya 71.7% dengan kategori aktif. Didukung pula dari hasil analisis uji t dengan rumus  independent sample t-tes menujukkan thitung 6,429 sedangkan ttabel 1.690. Dengan demikian thitung> ttabel Artinya menolak Ho dan menerima Ha, dengan demikian adanya perbedaan yang signifikan dari penerapan metode pembelajaran brainstorming terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas X SMA Negeri 11 Palembang.

     

    Kata-kata Kunci: Metode Pembelajaran, Brainstorming, Keaktifan Belajar Siswa.

    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v4i2.7881

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2019 mabin apriawan, Emil El Faisal, kurnisar kurnisar

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    PUBLISHED BY:

    Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

    Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

    email: jbti@unsri.ac.id

     

    ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


    INDEXED BY:

        

    JBTI Member of :


    View My Stats

     

    Creative Commons License
    The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.