• https://spadav2.unikal.ac.id/lang/paito-hk/
  • Sbotop
  • http://fairplay.uho.ac.id/lapas/sensus/
  • https://theoejwilson.com/
  • https://penkopjurnal.uho.ac.id/cokky/cheat/
  • slot demo
  • iblis merah hack
  • https://prologue.sastra.uniba-bpn.ac.id/js/idslot/
  • alexis toto
  • Robot Merah Hack
  • pusat maxwin
  • santuy4d
  • https://spada.ppg.ung.ac.id/mod/sthai/
  • https://simlinmas.kemendagri.go.id/web/xgacor/
  • https://conference.uhnsugriwa.ac.id/pages/tslot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/demo-slot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/slotraf/
  • turbox500
  • Lapak Cheat
  • Lucky RP
  • https://www.ies.ftk.uinjambi.ac.id/pages/dewa288/
  • https://ett.ftk.uinjambi.ac.id/pages/ligaciputra/
  • https://rechtenstudent.uinkhas.ac.id/pages/scatter/
  • http://elearning.wisnuwardhana.ac.id/mod/santuymax/
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/js/bni4d/
  • https://elearning.pranataindonesia.ac.id/course/santuy4d/
  • http://ijsab.fateta.unand.ac.id/lib/pkp/zara4d/
  • Garudaslot
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/assets/wdbos/
  • slot thailand
  • https://e-journal.usd.ac.id/lib/pkp/scatter/
  • https://lexeconomicajournal.uinkhas.ac.id/pages/garudaslot/
  • garuda slot
  • garudaslot
  • PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MASALAH PADA MATERI SISTEM HUKUM DAN PERADILAN DI INDONESIA MATA PELAJARAN PPKn DI SMK | lestari | Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

    PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MASALAH PADA MATERI SISTEM HUKUM DAN PERADILAN DI INDONESIA MATA PELAJARAN PPKn DI SMK

    marlina ayu lestari, Emil El Faisal, kurnisar kurnisar

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif berbasis masalah pada materi sistem hukum dan peradilan di Indonesia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan atau sederajad yang valid, praktis dan mempunyai efek potensial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan dengan model pengembangan Hannafin and Peck. Validasi media dinilai melalui tiga ahli yakni ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Validasi materi termasuk kategori sangat valid dengan rerata 4.5, validasi media termasuk kategori valid dengan rerata 4.1 dan validasi bahasa termasuk kategori sangat valid dengan rerata 4.4. Untuk menilai kepraktisan menggunakan tahap one to one yang diujikan pada tiga orang siswa dengan rerata 4.1 termasuk kategori praktis dan tahap small group yag diujikan pada sembilan siswa dengan rerata 4.4 termasuk kategori sangat praktis. Pada tahap uji coba multimedia pembelajaran berbasis masalah pada 33 siswa kelas XI mempunyai efek potensial untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, terbukti dengan tingkat motivasi belajar sebesar 72% termasuk dalam kategori motivasi tinggi, karena berdasarkan kriteria interpretasi skor 60-80% adalah motivasi tinggi. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis masalah pada materi sistem hukum dan peradilan di Indonesia dinyatakan valid, praktis dan memiliki efek potensial bagi motivasi belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan.

     

    Kata-kata KunciPengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Masalah, PPKn

    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v5i2.7906

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2019 marlina ayu lestari, Emil El Faisal, kurnisar kurnisar

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    PUBLISHED BY:

    Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

    Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

    email: jbti@unsri.ac.id

     

    ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


    INDEXED BY:

        

    JBTI Member of :


    View My Stats

     

    Creative Commons License
    The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.