• https://spadav2.unikal.ac.id/lang/paito-hk/
  • Sbotop
  • http://fairplay.uho.ac.id/lapas/sensus/
  • https://theoejwilson.com/
  • https://penkopjurnal.uho.ac.id/cokky/cheat/
  • slot demo
  • iblis merah hack
  • https://prologue.sastra.uniba-bpn.ac.id/js/idslot/
  • alexis toto
  • Robot Merah Hack
  • pusat maxwin
  • santuy4d
  • https://spada.ppg.ung.ac.id/mod/sthai/
  • https://simlinmas.kemendagri.go.id/web/xgacor/
  • https://conference.uhnsugriwa.ac.id/pages/tslot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/demo-slot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/slotraf/
  • turbox500
  • Lapak Cheat
  • Lucky RP
  • https://www.ies.ftk.uinjambi.ac.id/pages/dewa288/
  • https://ett.ftk.uinjambi.ac.id/pages/ligaciputra/
  • https://rechtenstudent.uinkhas.ac.id/pages/scatter/
  • http://elearning.wisnuwardhana.ac.id/mod/santuymax/
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/js/bni4d/
  • https://elearning.pranataindonesia.ac.id/course/santuy4d/
  • http://ijsab.fateta.unand.ac.id/lib/pkp/zara4d/
  • Garudaslot
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/assets/wdbos/
  • slot thailand
  • https://e-journal.usd.ac.id/lib/pkp/scatter/
  • https://lexeconomicajournal.uinkhas.ac.id/pages/garudaslot/
  • garuda slot
  • garudaslot
  • PENGARUH MANAJEMEN WAKTU BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS XI di SMA NEGERI 1 TANJUNG RAJA | pratiwi | Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

    PENGARUH MANAJEMEN WAKTU BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS XI di SMA NEGERI 1 TANJUNG RAJA

    shinta pratiwi, Emil El Faisal, sri artati waluyati

    Abstract


    Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa di sekolah. Salah satunya adalah manajemen waktu belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh manajemen waktu belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian expost-facto, dimana populasi siswa yang diteliti berjumlah 286 siswa dan sampel yang diambil berjumlah 155 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling puposive, yaitu kelas yang memiliki hasil belajar tertinggi berjumlah 155 siswa dari kelas XI. IPA 2, XI IPA 3, XI IPA 4, dan XI. IPS 1. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan dokumentasi dan angket lalu data dianalisis dengan rumus regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis rata-rata persentase manajemen waktu belajar sebesar 86,05% dengan kategori sangat tinggi baik. Hasil menunjukan nilai signifikan sebesar 0,000 (? < 0,05). Dengan demikian hipotesis H0 ditolak dan H? dapat diterima artinya terdapat pengaruh manajemen waktu belajar terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Didapatkan nilai R Square sebesar 0,423 yang berarti bahwa variabel pengaruh manajemen waktu belajar tersebut sebesar 42,3% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti. Dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh manajemen waktu belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjung Raja.

    Kata Kunci : Manajemen Waktu Belajar, Hasil Belajar

    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v5i2.7907

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2019 shinta pratiwi, Emil El Faisal, sri artati waluyati

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    PUBLISHED BY:

    Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

    Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

    email: jbti@unsri.ac.id

     

    ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


    INDEXED BY:

        

    JBTI Member of :


    View My Stats

     

    Creative Commons License
    The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.