KORELASI ANTARA PRAKTIK MENGAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKn FKIP UNSRI DALAM KEGIATAN PEER TEACHING DAN MICRO TEACHING DENGAN PRAKTIK PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SEKOLAH

Yesi wigiarti, Umi Chotimah, emil el faisal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara praktik mengajar mahasiswa program studi PPKN FKIP Unsri dalam kegiatan peer teaching dan micro teaching dengan praktik program pengalaman lapangan (PPL) di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi, yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi PPKn angkatan 2013 dan 2014 kampus Palembang dan kampus Indralaya yang masih aktif sebanyak 126 orang. Dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak 89 orang, sampel diambil menggunakan teknik stratafied random sampling. Data dikumpulkan dengan teknik angket dan dokumentasi, dan dianalisis dengan rumus correlations. Jadi simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat korelasi antara praktik mengajar mahasiswa program studi PPKn FKIP Unsri dalam kegiatan peer teaching dan micro teaching dengan praktik program pengalaman lapangan (PPL) di sekolah. Hal ini terbukti dengan uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi .001 yang berarti < .05 yang artinya keputusan yang diambil adalah menerima Ha dan menolak   . Kata-

kata kunci: Mata kuliah pengembangan dan penerapan perangkat pembelajaran (P4), peer teaching, micro teaching, PPL


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLISHED BY:

Program Studi Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan,

Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial,

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,

Universitas Sriwijaya.

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

 

 

 

View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.