KORELASI ANTARA PRAKTIK MENGAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKn FKIP UNSRI DALAM KEGIATAN PEER TEACHING DAN MICRO TEACHING DENGAN PRAKTIK PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SEKOLAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara praktik mengajar mahasiswa program studi PPKN FKIP Unsri dalam kegiatan peer teaching dan micro teaching dengan praktik program pengalaman lapangan (PPL) di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi, yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi PPKn angkatan 2013 dan 2014 kampus Palembang dan kampus Indralaya yang masih aktif sebanyak 126 orang. Dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak 89 orang, sampel diambil menggunakan teknik stratafied random sampling. Data dikumpulkan dengan teknik angket dan dokumentasi, dan dianalisis dengan rumus correlations. Jadi simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat korelasi antara praktik mengajar mahasiswa program studi PPKn FKIP Unsri dalam kegiatan peer teaching dan micro teaching dengan praktik program pengalaman lapangan (PPL) di sekolah. Hal ini terbukti dengan uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi .001 yang berarti < .05 yang artinya keputusan yang diambil adalah menerima Ha dan menolak . Kata-
kata kunci: Mata kuliah pengembangan dan penerapan perangkat pembelajaran (P4), peer teaching, micro teaching, PPL
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v6i1.7919
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Yesi wigiarti, Umi Chotimah, emil el faisal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)
Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir
email: jbti@unsri.ac.id
ISSN ONLINE: 2614-6134 ISSN PRINT: 2355-7265
INDEXED BY:
JBTI Member of :
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.