Apakah Influencer Marketing berpengaruh pada Pengambilan Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee pada Generazi Z?

Dhara Ayu Crystrie, Sri Hardianti Sartika

Abstract


ABSTRACT : Technological developments that are increasingly developing make almost all levels of society from any generation use social media, this high number of social media users makes many business people use it to develop their business and this social media fund is what makes influencer marketing, which of course now has an important role in spreading information and have an impact on their followers through uploading photos and videos through social media, many of whom are social media users who use the shopee marketplace as a place for buying and selling transactions, the existence of a shopee marketplace that conducts transactions online of course reaches everyone in various regions and makes everything fairly practical, effective and efficient but there are still many people who are not interested in making transactions because they don't see the product directly and also the sellers in the shopee marketplace only show products in the form of photos or short videos, that's why not a few influencer marketing creates content about various products in the shopee marketplace that help explain products that aim to encourage consumers to make purchases. This research was conducted quantitatively with a descriptive approach with survey research methods to social media users who use the shopee marketplace as a place to shop. The results show that influencer marketing has an impact on their followers on purchasing decisions in the shopee marketplace.

 

Keywords: influencer marketing, marketplace, purchasing decision 

 

ABSTRAK : Perkembangan teknologi yang semakin berkembang membuat hampir seluruh lapisan masyarakat dari generasi manapun menggunakan media sosial, tingginya pengguna media sosial ini membuat banyak pelaku bisnis yang memanfaatkannya untuk mengembangkan bisnis mereka dan media sosial ini lah  yang melahirkan influencer marketing yang tentunya  sekarang memiliki peran penting dalam penyebaran informasi dan memberikan dampak kepada para pengikutnya melalui unggahan foto maupun video melalui media sosial, banyak diantaranya pengguna media sosial yang menggunakan marketplace shopee sebagai tempat melakukan transaksi jual beli, adanya marketplace shopee yang melakukan transaksi secara online tentunya menjangkau semua orang di berbagai daerah dan membuat semuanya terbilang praktis,efektif dan efisien namun ada masih banyak orang yang kurang tertarik untuk melakukan transaksi karena tidak melihat produk secara langsung dan juga para penjual di marketplace shopee hanya menunjukan produk berupa foto atau video singkat  oleh sebab itulah tidak sedikit dari influencer marketing yang membuat konten mengenai berbagai produk yang ada di marketplace shopee yang membantu menjelaskan mengenai produk yang bertujuan untuk mendorong para konsumen agar melakukan pembelian. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan metode penelitian survei kepada para pengguna media sosial yang menggunakan marketplace shopee sebagai tempat berbelanjanya. Hasil menunjukan bahwa influencer marketing memiliki dampak bagi pengikutnya terhadap keputusan pembelian di marketplace shopee

 

Kata Kunci : influencer marketing, marketplace, keputusan pembelian


Keywords


influencer marketing, marketplace, keputusan pembelian



DOI: https://doi.org/10.29259/jmbt.v19i1.16700

Refbacks




Jembatan : Jurnal Ilmiah Manajemen
Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km. 32 
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya 
Indralaya, Sumatera Selatan, Indonesia
Email: jembatan@unsri.ac.id, Tel/Fax : (0711)580231


p-ISSN: 0216-6836 e-ISSN: 2685-838X


 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Ilmiah Manajemen 

oleh Jembatan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

Statistik Pengunjung