• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • ANALISIS PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN ANALISIS RASCH MODEL | Hakam | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    ANALISIS PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN ANALISIS RASCH MODEL

    Ahmad Bakharzi Hakam, Alfianoor Alfianoor, Hidayatullah Hidayatullah, Nur Muhammad Akbar Hamidi, Saiyidah Mahtari, Mustika Wati

    Abstract


    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket serta menganalisis bias item (DIF) yang menunjukkan pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar dengan menggunakan analisis Rasch Model pada siswa kelas IPA di salah satu MAN di kota Banjarmasin tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan adalah analisis Rasch Model dengan mengolah data instrumen angket pada aplikasi Ministep. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui instrumen berupa angket lingkungan belajar dan angket motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa angket yang telah diberikan memiliki beberapa item pertanyaan yang misfit atau tidak valid. Reliabilitas kedua kuesioner tersebut berada pada kategori tinggi. Analisis Model Rach yang digunakan mampu menentukan item-item yang bias (DIF) antara lingkungan belajar dengan motivasi belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa kualitas lingkungan belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dilihat dari seberapa aktif siswa bertanya selama pembelajaran.


    Keywords


    Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar, Model Rasch, DIF

    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v10i2.20008

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2024 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats