ANALISIS PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN ANALISIS RASCH MODEL

Ahmad Bakharzi Hakam, Alfianoor Alfianoor, Hidayatullah Hidayatullah, Nur Muhammad Akbar Hamidi, Saiyidah Mahtari, Mustika Wati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket serta menganalisis bias item (DIF) yang menunjukkan pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar dengan menggunakan analisis Rasch Model pada siswa kelas IPA di salah satu MAN di kota Banjarmasin tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan adalah analisis Rasch Model dengan mengolah data instrumen angket pada aplikasi Ministep. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui instrumen berupa angket lingkungan belajar dan angket motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa angket yang telah diberikan memiliki beberapa item pertanyaan yang misfit atau tidak valid. Reliabilitas kedua kuesioner tersebut berada pada kategori tinggi. Analisis Model Rach yang digunakan mampu menentukan item-item yang bias (DIF) antara lingkungan belajar dengan motivasi belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa kualitas lingkungan belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dilihat dari seberapa aktif siswa bertanya selama pembelajaran.


Keywords


Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar, Model Rasch, DIF

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v10i2.20008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats