PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DALAM PEMBELAJARAN IPA-FISIKA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI GLBB PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 MALUKU TENGAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan materi peserta didik melalui model pembelajaran Chilldren Learning In Science (CLIS) yang diajarkan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Maluku Tengah pada materi gerak luru berubah beraturan (GLBB). Tipe penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif menggunakan one group pretest-posttes dengan sampel kelas VIII1 sebanyak 18 peserta didik yang diambil secara acak (random). Instrument penelitian berupa tes dan non tes, instrument tes berupa tes awal dan tes akhir sedangkan instrument non tes berupa lembar kerja peserta didik (LKPD). Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tes awal, 100% peserta didik berada pada kualifikasi gagal, dengan rerata skor pencapain 30,10. Hasil analisis selama prores pembelajaran berlangsung menggunakan model pembelajaran CLIS menunjukan bahwa rerata skor pencapaian peserta didik adalah 86,59 berada pada kualifikasi sangat baik. Rerata skor pencapaian tes akhir peserta didik mencapai 77,24 berada pada kualifikasi baik. Untuk hasil uji N-Gain diperoleh rerata skor peserta didik 0,7 berada pada kualifikasi tinggi. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran CLIS dapat meningkatkan penguasaan materi GLBB.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Assagaf, G. (2016). Pengaruh kemandirian belajar dan regulasi diri terhadap hasil belajar matematika melalui motivasi berprestasi pada siswa kelas X SMA Negeri di Kota Ambon. Matematika dan Pembelajaran, 4(1), 23-32.
Maro. 2015 : 7. kurikulum 2013 scientifie approach.
Ginanjar, A. A., Handoko, S., & Sukmana, R. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA. Educare, 132-137.
Dewi, i. G. A. A., suarjana, i. M., & riastini, p. N. (2014). Pengaruh model pembelajaran clis terhadap pemahaman konsep ipa. Undiksha, 2(1).
Ismail, A. (2015). Penerapan model pembelajaran children learning in science (CLIS) berbantuan multimedia untuk meningkatkan penguasaan konsep Fisika siswa SMA. Jurnal Petik, 1(1), 19-25.
Novita, Fidya, Sri Irawati, dan Dewi Jumiarni. 2018. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. Universitas Bengkulu.
Charli, Leo, Ahmad Amin & Desi Agustina. (2018). Kesulitan Siswa Dalam Menyelessaykan Soal Fisika Pada Materi Suhu Dan Kalor Di Kelas X SMA Ar-Risalah Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2016/2017. JOEAI (Journal of Education and Instruction). STKIP-PGRI Lubuklinggau.
Trianto, S. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berinovasi Konstruktivistik (Konsep, Landasan Teoritis–Praktis dan Implementasinya). Jakarta: Prestasi Pustaka.
Hidayat, M. (2011). Pembelajaran Berbasis Eksperimen Pada Konsep Untuk Pengembangan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal pendidikan, 2: 143
Astuti, S. P. (2015). Pengaruh kemampuan awal dan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).
Desi Indriyani, dkk (2019). Perbedaan Model Children's Learning In Science (Clis) Dan Model Scientific Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal basicedu, 3 (2), 627-633
DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v10i2.20282
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ogan Ilir, Indonesia
Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed in:
Recommended Tools :
View My Stats