PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TERINTEGRASI QUIZIZZ PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pengembangan instrumen penilaian terintegrasi quizizz pada materi impuls dan momentum untuk mengukur kemampuan kognitif peserta didik SMA Plus Muhammadiyah Merauke yang valid dan reliabel. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan tes model 4-D. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Plus Muhammadiyah semester ganjil sebanyak 19 siswa. Teknik Pengumpulan data berupa tes serta instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket validasi isi, Instrumen tes, dan lembar angket keterbacaan. Uji coba yang dilakukan menggunakan bantuan quizizz. Berdasarkan hasil analisis diperoleh 32 butir soal dinyatakan valid secara isi dengan syarat nilai CVR berkisar antara 0-0,99 atau 1 dan diperoleh 32 butir soal dinyatakan reliabel. Hasil keterbacaan melalui uji adalah 78% yang berarti keterbacaan instrumen dikategorikan tinggi sehigga instrumen penilaian kemampuan kognitif yang dikembangkan valid secara isi dan empiris dan reliabel untuk digunakan sebagai instrument penilaian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chang, C. L., & Fang, M. (2020). E-Learning and Online Instructions of Higher Education during the 2019 Novel Coronavirus Diseases (COVID-19) Epidemic. Journal of Physics: Conference Series, 1574(1), 0–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1574/1/012166
Henukh, A., & Astra, I. M. (2021). The use of Google classroom as ICT literacy to improve physics students collaboration skill in industrial revolution 4.0. AIP Conference Proceedings, 2331(April), 2–6. https://doi.org/10.1063/5.0041660
Henukh, A., Astra, I. M., Fridolin, H., & Kristina, L. (2020). Penilaian Formatif Berbasis Quizizz Pada Mata Kuliah Fisika Dasar Pada Masa Covid-19. Musamus Journal of Science Education, 3, 1–7. https://doi.org/10.3572/mjose.v3i1.3515
Henukh, A., Made Astra, I., Supriyadi, Reski, A., & Hidayatullah, M. M. S. (2022). The Effectiveness of Using Quizizz in Fundamental Physics Learning in the Era of the Covid-19 Pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 2309(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2309/1/012054
Henukh, A., Nikat, R. F., Simbolon, M., Nuryadin, C., & Baso, Y. S. (2019). Multimedia development based on web connected Massive Open Online Courses (cMOOCs) on the basic physics material. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 343(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/343/1/012160
Henukh, A., Rosdianto, H., & Oikawa, S. (2020). Implementation of Google Classroom as Multimedia Learning. 5(1), 38–44. https://doi.org/10.26737/jipf.v5i1.1539
Hikmah, N., Putri, N. A., Nisa’, K., & Jauhariyah, M. N. R. (2021). Using Quizizz to Develop an Assessment of Physics Learning: An Alternative Way for Physics Learning Assessment in the Covid-19 Pandemic Era. Journal of Physics: Conference Series, 1805(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1805/1/012021
Maisari, L., Darusyamsu, R., & M, D. (2020). Validitas Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi tentang Materi Tumbuhan untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas X. Pedagogi Hayati, 4(1), 47–54. https://doi.org/10.31629/ph.v4i1.1928
Naraswari, I. A. M. D., Dantes, N., & Suranata, K. (2020). Pengembangan Buku Panduan Konseling Cognitive Behavior Untk Mening-katkan Self Esteem Siswa SMA: Studi Analisis Validitas Teoretik. Indonesian Journal of Guidance and Counselin:Theory and Application, 9(1), 8–16.
Nurmayanti, N., Ferdiansyah, H., & N, Z. (2021). Pengembangan E-Module Pemrograman Dasar Berbasis Masalah dalam Menunjang Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 22–30. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1122
Puger, I. G. N. (2021). Pengujian Validitas Isi Tes Hasil Belajar Yang Dinilai Oleh Subject Matter Expert (Sme). Daiwi Widya, 8(3), 1–15. https://doi.org/10.37637/dw.v8i3.819
Riandeni, A., Yulianti, D., & Distrik, I. W. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis Student Active Learning untuk Meningkatkan Critical Thinking Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4720–4730. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2868
Srirahayu, R. R. Y., & Arty, I. S. (2018). Validitas dan reliabilitas instrumen asesmen kinerja literasi sains pelajaran Fisika berbasis STEM. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 168–181. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.20270
Tarliany, E., Sajidan, S., & Karyanto, P. (2019). Keefektifan Produk Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Untuk Mengukur Kemampuan Kognitif Siswa (Menurut Taksonomi Bloom Yang Terefisi) Pada Materi Protista. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 8(1), 72. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v8i1.31818
Wahyudi, W., Rufiana, I. S., & Nurhidayah, D. A. (2020). Quizizz: Alternatif Penilaian di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 8(2), 95–108. https://doi.org/10.25139/smj.v8i2.3062
Yana, A. U., Koes-H, S., Taufiq, A., & Kusairi, S. (2022). Online-Based Assessment of Students’ Conceptual Understanding of Energy and Momentum Using Quizizz. Journal of Physics: Conference Series, 2392(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2392/1/012011
DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v10i2.20514
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ogan Ilir, Indonesia
Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed in:
Recommended Tools :
View My Stats