• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media PhET Simulation Android Untuk Peserta Didik Kelas XII IPA SMA N 1 Lembah Melintang | Ulfa | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media PhET Simulation Android Untuk Peserta Didik Kelas XII IPA SMA N 1 Lembah Melintang

    Hamdiah Ulfa, Iing Rika Yanti, Megasyani Anaperta

    Abstract


    Proses pembelajaran saat ini lebih ditekankan pada peserta didik yang belajar secara mandiri, tetapi pada pengaplikasian di sekolah masih sering ditemukan pembelajaran yang masih berpusat pada pendidik. Hal ini dikarenakan kurangnya bahan ajar yang membuat peserta didik belajar lebih mandiri. Bahan ajar yang dapat dikembangkan adalah E-LKPD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing berbantuan media PhET Simulation android yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Karena keterbatasan waktu dan biaya yang dimiliki, maka penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap implementasi saja. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validitas dan praktikalitas dengan nilai validitas sebesar 88,33% yang terkategori sangat valid dan praktikalitas bernilai 91% dengan kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan terkategori sangat valid dan sangat praktis.


    Full Text:

    PDF

    References


    Alma, Winda dkk. 2022. Pengembangan E -LKPD Materi Efek Doppler Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Aplikasi Phyphox Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika. 8:15–20.

    Aththibby, Arif Rahman. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Flash Topik Bahasan Usaha Dan Energi. Jurnal Pendidikan Fisika 3(2). doi: 10.24127/jpf.v3i2.238.

    Bancong, Hartono. 2022. STEM Pendidikan Melalui Simulasi PhET: Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. 11(1):35–45. doi: 10.24042/jipfalbiruni.v11i1.10998.

    Centaury, Betta. 2015..” Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains 2(1):80–91.

    Ekawati, Yuniar dkk. 2015. Penerapan Media Simulasi Menggunakan PHET (Physics Education And Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah Limbung. Pendidikan Fisika 3:74–82.

    Furqoniyah, Qoriatul. n.d. Pengembangan LKPD Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering , And Mathemathics ) Dalam Pembelajaran Fisika Pemanasan Global Di SMA. 9(2022):76–84.

    Ketut Sri Puji Wahyuni dkk. 2021. Pengembangan E-LKPD Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 5(2):301–11. doi: 10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476.

    Nurrita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah 3(1):171. doi: 10.33511/misykat.v3n1.171.

    Octafianus, P. dkk. 2022. Pengembangan E-Modul Praktikum Virtual Phet Simulation Berbasis Android Pada Materi Listrik Dinamis. SINASIS (Seminar Nasional Sains) 3(1):108–16.

    Putri, Vera Liana, dan Ismu Wahyudi. 2022. Pengaruh Praktikum Menggunakan Physics Toolbox Sensor Suite Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Interpretasi Grafik Siswa. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika 9(2):108–20. doi: 10.36706/jipf.v9i2.18715.

    Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

    Saputra, Fitra. 2020. Analisis Laboratorium Fisika dan KIT Mekanika Kelas X Semester Ganjil di SMA Negeri Kecamatan Simeulue Timur Kabupaten Simeulue. 21(1).

    Sumarni, Sri. 2019. Model Penelitian dan Pengembangan (RnD) Lima Tahap (MANTAP). Jurnal Penelitian dan Pengembangan 1(1):1–33.

    Wiyoko, Tri, dan Nidar Astuti. 2020. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan 5.

    Zaidah, Alpi, dan Suratman Wijaya. 2021. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan Saintifik. Jurnal Ilmiah Global Education IV:20–26. doi: 10.55681/jige.v2i1.73.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v10i2.22605

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2024 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats