LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF EFFICACY DENGAN MENGGUNAKAN PROBLEM SOLVING LEARNING MODEL DENGAN STRATEGI SCAFFOLDING

Istikomah Suci Lestari, Zaenuri Zaenuri, Mulyono Mulyono

Abstract


Literasi matematika dan self efficacy mempunyai peranan penting dalam matematika. Dalam mengajarkan literasi matematika perlu dikembangkan sikap kepercayaan diri siswa. Model pembelajaran yang dianggap tepat yaitu problem solving learning dengan strategi scaffolding. Model ini memberi peluang siswa untuk menyelesaikan masalah yang diberikan secara mandiri sehingga mampu menerapkan konsep yang telah diperolehnya dan scaffolding memberi bantuan secukupnya kepada siswa berdasarkan pada bentuk kesulitan yang dialaminya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis literasi matematika ditinjau dari aspek self efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi dengan desain eksplanatori sekuensial. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Sidorejo Tapah. Mereka digolongkan berdasarkan kategori self efficacy yaitu tinggi dan sedang. Pengumpulan data kuantitatif dengan tes literasi matematika dan pengumpulan data kualitatif adalah angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) literasi matematika siswa dalam kategori sedang, (2) rata-rata literasi matematika siswa ditinjau dari self efficacy yang memperoleh pembelajaran problem solving learning dengan strategi scaffolding lebih dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (3) literasi matematika siswa dengan self efficacy tinggi hampir dapat menguasai semua indikator dengan baik, siswa dengan self efficacy sedang mampu menguasai beberapa indikator. Dapat disimpulkan bahwa problem solving learning dengan strategi scaffolding dapat meningkatkan literasi matematika siswa.

Full Text:

PDF

References


Andri, Marcou dan Stephen Lerman. 2006. Towards the Development of a Self Regulated Problem Solving Model. Dibacakan pada Proceedings of the 30 th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education Volume 4. Universitas Charles

Anghileri, J. 2006. Scaffolding Practices that Enhance Mathematics Learning. Journal on Mathematics Teacher Education, 9(1), 33-52.

Dasaprawira, M.N., Zulkardi, & Susanti, E. 2019. Developing mathematics questions of PISA type using Bangka context. Journal on Mathematics Education, 10(2), 303-314.

Djamarah, S. B dan Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta. Firmansyah, Surjani Wonorahardjo dan Munzil Arief. 2016. Penerapan ModelPembelajaran Problem Solving Berbantuan Web pada Materi Ekstraksi Terh adap Hasil Belajar dan Motivasi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sains Vol. 4 No. 2, Juni 2016 hal 65-72

Khaerunisak, K., Kartono, K., Hidayah, I., & fahmi, A. Y. 2017. The Analysis of Diagnostic Assesment Result in Pisa Mathematical Literacy Based on Students Self- efficacy in RME Learning. Infinity Journal Vol. 6, No.1

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. 2018. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Rafika Aditama.

Listiani, W. 2016. The Enhancement of Mathematical Critical Thinking Skills and Seld- efficacy at Senior High School Students Through Learning Based Problems Contextual Model. Journal of Mathematics Education, 1(2).

Mamin, R. 2008. Penerapan Metode Pembelajaran Scaffolding pada Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur. CHEMICA : Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia, 9(2), 55-60.

Mardaleni, D., Noviarni., & Nurdin, E. 2018. Efek Strategi Pembelajaran Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa. Journal for Research in Mathematics Learning (JURING), 1(3), 1-6.

Masjaya dan Wardono. 2018. Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningkatkan SDM. PRISMA 1 (2018). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika

OECD. 2013. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing.

Ojose, Bobby. 2011. Mathematics Literacy: Are We Able to Put The Mathematics We Learn Into Everyday Use. Journal of Mathematics Education Vol. 4 No. 1 pp. 89-100

Oktarina, Lisa Putri, Laihat dan Suratmi. 2018. Model Problem Based Learning Berbasis Keunggulan Lokal Sumatera Selatan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 24 Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, Volume 5, Nomor 2, November 2018

Purwanti, Kristi Liani dan Mujiasih. 2021. Kemampuan Literasi Matematika Siswa MI ditinjau dari Sel Efficacy. Journal of Integrated Elementary Education Vol. 1 No.1

Subaidi, Agus. 2016. Self Efficacy Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. SIGMA Vol. 1 No. 2 Maret 2016

Suganda, Vina Amilia. 2015. Kesulitan Mempresentasikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, Volume 2, Nomor 1, Mei 2015.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.

------------. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kuantitatif dan R&D). bandung : Penerbit CV. Alfabeta

Syawahid, M., & Putrawangsa, S. 2017. Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Tadris Matematika, 10 (2), 222-240.

Wiguna, Dwi, Ihsanudin dan Etika Khaerunnisa. 2020. Model Reciprocal Terhadap Kemampuan Literasi Matematis dan Self Efficacy Siswa SMP. WILANGAN: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2

Wu, Yin. 2016. Universal Beliefs and Specific Practices: Students’ Math Self-Efficacy and Related Factors in the United States and China. International Education Studies; Vol. 9, No. 12; 2016 ISSN 1913-9020 E-ISSN 1913-9039. Published by Canadian Center of Science and Education

Zany, Rahmatul Jariah, Laihat dan Toybah. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning Pada Materi Jenis Sudut Dan Besar Sudut Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Islam Al-Alifah Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, Volume 5, Nomor 1, Mei 2018




DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v9i1.17091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

Kampus Indralaya 
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

email: jisd@fkip.unsri.ac.id


p-ISSN: 2355-7346

e-ISSN: 2685-6433