• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • MEDIA POWERPOINT BERBASIS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI SDN 68 PALEMBANG | Setiawan | Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan

    MEDIA POWERPOINT BERBASIS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI SDN 68 PALEMBANG

    Fatoni Agus Setiawan, Makmum Raharjo

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media powerpoint hyperlink interaktif berbasis model contextual teaching and learning pada tema 9 subtema 1 kelas IV di SDN 68 Palembang dan mengetahui kevalidan serta efektifitas media tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 3D + I. Penelitian ini melakukan validasi desain pembelajaran, materi dan media serta dilakukan uji coba terbatas kepada 9 peserta didik kelas IV B. Hasil penilaian validasi ahli media memperoleh nilai presentase 88,57%, penilaian validasi praktisi desain pembelajaran memperoleh nilai presentase 90,00%, penilaian validasi praktisi materi memperoleh nilai presentase 92,50% yang semuanya dikatergorikan sangat valid. Uji coba lapangan, hasil penilaian peserta didik terhadap media mendapatkan nilai presentase 86,00% dikategorikan sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media powerpoint sudah layak atau valid dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

     


     


    Full Text:

    PDF

    References


    Anggraini, A.A, Wiryokusumo, I dan Leksono, I. (2021).“PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGENAL HURUF DAN ANGKA DENGAN MODEL ADDIE”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 9(4):426-432.

    Aripin, I. (2018). Konsep dan aplikasi mobile learning dalam pembelajaran biologi. Jurnal Bio Educatio, 3(1), 01-09.

    Darmawan, D. (2016). Mobile Learning Sebuah Aplikasi Teknologi Pembelajaran. Jakarta:Rajawali Press

    Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1): 15.

    Julia, J., Isrok'atun, I., & Safari, I. (2018). PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Membangun Generasi Emas 2045 yang Berkarakter dan Melek IT” dan Pelatihan “Berpikir Suprarasional”. Sumedang-Jawa Barat:UPI Sumedang Press.

    Kamlin, M., & Keong, T. C. (2020). Adaptasi video dalam pengajaran dan pembelajaran. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 5(10), 105-112.

    Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 1-12.

    Kurniawan, D., Suyatna, A., & Suana, W. (2015). Pengembangan Modul Interaktif Menggunakan Learning Content Development System pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(6): 1-10

    Nasution, N., dkk. (2006). Pendidikan IPA di SD. Jakarta:Universitas Terbuka.

    Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-210.

    Pratomo, A., & Irawan, A. (2015). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web menggunakan metode Hannafin dan Peck. Positif, 1(1), 159673.

    Pribadi, B. A.(2017). Media dan teknologi dalam pembelajaran. Jakarta:Kecana.

    Puspasari, N., Fajriani, D. A., Rahmah, A. M., Yuniar, N. Y., & Adjie, N. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Video Menggunakan Aplikasi Inshot Bagi Guru di TK Umayah Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 1(1), 65-70.

    Rahmasari, E. A., & Yogananti, A. F. (2021). Kajian Usability Aplikasi Canva (Studi Kasus Pengguna Mahasiswa Desain). ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(01), 165-178.

    Rizqi, M. R. (2018). Peran Media Gambar Berseri dalam Meningkatkan Motivasi Kemampuan Menulis Karangan Bahasa Arab. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(2), 137-154.

    Rulyansah, A., & Sholihati, M. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Kecakapan Hidup pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(2), 194-211.

    Saputro, M. P. B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Aswaja Presindo.

    Sherer, P. & Shea, T. (2011). Using Online Video to Support Student Learning and Engagement. College Teaching. 59. 56-59. 10.1080/87567555.2010.511313.

    Sholeh, M. (2017). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Sub Tema Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi. Jambi: FKIP Universitas Jambi.

    Smaldino, S. E., Lowther, D. L., dan Russell, J. D. (2011). Intructional Technology & Media For Learning Edisi Kesembilan. Jakarta:Kencana




    DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v9i1.17122

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2022 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    PUBLISHED BY:

    Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

    Kampus Indralaya 
    Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
    Kampus Palembang
    Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

    email: jisd@fkip.unsri.ac.id


    p-ISSN: 2355-7346

    e-ISSN: 2685-6433