MEDIA POWERPOINT BERBASIS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI SDN 68 PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media powerpoint hyperlink interaktif berbasis model contextual teaching and learning pada tema 9 subtema 1 kelas IV di SDN 68 Palembang dan mengetahui kevalidan serta efektifitas media tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 3D + I. Penelitian ini melakukan validasi desain pembelajaran, materi dan media serta dilakukan uji coba terbatas kepada 9 peserta didik kelas IV B. Hasil penilaian validasi ahli media memperoleh nilai presentase 88,57%, penilaian validasi praktisi desain pembelajaran memperoleh nilai presentase 90,00%, penilaian validasi praktisi materi memperoleh nilai presentase 92,50% yang semuanya dikatergorikan sangat valid. Uji coba lapangan, hasil penilaian peserta didik terhadap media mendapatkan nilai presentase 86,00% dikategorikan sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media powerpoint sudah layak atau valid dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, A.A, Wiryokusumo, I dan Leksono, I. (2021).“PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGENAL HURUF DAN ANGKA DENGAN MODEL ADDIE”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 9(4):426-432.
Aripin, I. (2018). Konsep dan aplikasi mobile learning dalam pembelajaran biologi. Jurnal Bio Educatio, 3(1), 01-09.
Darmawan, D. (2016). Mobile Learning Sebuah Aplikasi Teknologi Pembelajaran. Jakarta:Rajawali Press
Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1): 15.
Julia, J., Isrok'atun, I., & Safari, I. (2018). PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Membangun Generasi Emas 2045 yang Berkarakter dan Melek IT” dan Pelatihan “Berpikir Suprarasional”. Sumedang-Jawa Barat:UPI Sumedang Press.
Kamlin, M., & Keong, T. C. (2020). Adaptasi video dalam pengajaran dan pembelajaran. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 5(10), 105-112.
Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 1-12.
Kurniawan, D., Suyatna, A., & Suana, W. (2015). Pengembangan Modul Interaktif Menggunakan Learning Content Development System pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(6): 1-10
Nasution, N., dkk. (2006). Pendidikan IPA di SD. Jakarta:Universitas Terbuka.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-210.
Pratomo, A., & Irawan, A. (2015). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web menggunakan metode Hannafin dan Peck. Positif, 1(1), 159673.
Pribadi, B. A.(2017). Media dan teknologi dalam pembelajaran. Jakarta:Kecana.
Puspasari, N., Fajriani, D. A., Rahmah, A. M., Yuniar, N. Y., & Adjie, N. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Video Menggunakan Aplikasi Inshot Bagi Guru di TK Umayah Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 1(1), 65-70.
Rahmasari, E. A., & Yogananti, A. F. (2021). Kajian Usability Aplikasi Canva (Studi Kasus Pengguna Mahasiswa Desain). ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(01), 165-178.
Rizqi, M. R. (2018). Peran Media Gambar Berseri dalam Meningkatkan Motivasi Kemampuan Menulis Karangan Bahasa Arab. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(2), 137-154.
Rulyansah, A., & Sholihati, M. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Kecakapan Hidup pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(2), 194-211.
Saputro, M. P. B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Aswaja Presindo.
Sherer, P. & Shea, T. (2011). Using Online Video to Support Student Learning and Engagement. College Teaching. 59. 56-59. 10.1080/87567555.2010.511313.
Sholeh, M. (2017). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Sub Tema Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi. Jambi: FKIP Universitas Jambi.
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., dan Russell, J. D. (2011). Intructional Technology & Media For Learning Edisi Kesembilan. Jakarta:Kencana
DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v9i1.17122
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)
Kampus Indralaya
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar
email: jisd@fkip.unsri.ac.id