PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19: STUDI KASUS PADA SD NEGERI 119/IV KOTA JAMBI

Demayani Demayani, Urip Sulistyo, Bunga Ayu Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengimplementasian pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19 di SD Negeri 119/IV Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif(studi kasus). Dalam penelitian ini melibatkan 3 orang wali kelas IV sebagai partisipan penelitian. Data diperoleh melalui wawancara dan analisis dokumen RPP. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran daring di kelas IV yaitu menggunakan berbagai aplikasi seperti Whatsapp, Zoom, dan Google Classrom, menggunakan RPP 1 lembar. Adapun kendala yang yang dihadapi selama pembelajaran daring yaitu terkendala jaringan internet, kuota, peserta didik tidak mempunyai gawai pribadi, kurangnya pemahamaan guru, peserta didik dan orang tua terhadap aplikasi pembelajaran dengan memanfaatkan beberapa macam aplikasi, serta belum adanya upaya guru melaksanakan pembelajaran door to door atau home visit ke rumah peserta didik yang mengalami kendala saat pembelajaran daring. Kendala lainnya yaitu kurangnya efektifitas dan efisiensi waktu, minimnya antusias siswa dan minimnya siswa akan pemahaman materi. Adapun solusi yang dilakukan oleh guru yaitu berupaya menciptakan pembelajaran yang menarik dengan menggunakan video pembelajaran sekaligus berkolaborasi bersama orangtua selama pembelajaran dilaksanakan pembelajaran daring.


Keywords


Pembelajaran Daring; Pandemi Covid-19; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Adlani, N., & Hanifah, M. (2020). Media Alternatif Whatsapp (WA) Mengatasi Permasalahan Pembelajaran pada Situasi Pendemi Covid 19 di Kelas PGMI Semester IV. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 93. https://doi.org/10.30736/atl.v4i2.215

Akrim, M. (2018). Media Learning in Digital Era. 231(Amca), 458–460. https://doi.org/10.2991/amca-18.2018.127

Andarwulan, dkk. (2021). Elementary Teacher’s Readiness toward the Online Learning Policy in the New Normal Era During the Covid-19. International Journal of Instruction, Vol. 14, No. 3(Juli): 771-786.

Ashari, M. (2020). Proses Pembelajaran Daring di Tengah Antisipasi Penyebaran Virus Corona Dinilai Belum Maksimal. Pikiran Rakyat com.https://www.pikiranrakyat.com/pendidikan/pr-01353818/ prosespembejalaran-daring-di-tengah-antisipasipenyebaran-virus-corona-dinilai-belummaksimal

Cahyanto, B., & Afifulloh, M. (2020). Electronic Module (E-Module) Berbasis Component Display Theory (CDT) Untuk Matakuliah Pembelajaran Terpadu. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 49–56. https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p049

Cahyanto, B., Akbar, S., & Sa, C. (2018). Desain Fisik Kelas Berbasis Tema untuk Sekolah Dasar. Pendidikan, 3(2002), 15–20.

Cahyanto, Bagus, dkk. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1):32-43.

Dangnga, Muhammad Siri dan Muis, Andi Abd. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran Inovatif. Makassar: Sibuku Makassar.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1):55-61

Gunawan, Indra. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Daring Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19 Melalui Pemanfaatan Fitur Aplikasi Zoom di SD Negeri 77 Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 7, no.2(November):152-163.

Ibem, E., Alagbe, O., & Owoseni, A. (2017). A Study of Students’ Perception of the Learning Environment: Case Study of Department of Architecture, Covenant University, Ota Ogun State. (March), 6275–6286.

Kasvili, Wili, Dkk. (2021). Perbandingan Media Pembelajaran Audiovisual dari Youtube Pada Subtema Peredaran Darahku Sehat Kelas V SD Negeri 100 Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 8, no.1(Mei):66-74.

Kearns, L. (2012). Student Assessment in Online Learning: Challenges and Effective Practices. Jolt. Merlot.Org, 8(3), 198–208.

Leary, T. (2019). Book review of “Assessment Strategies for Online Learning: Engagement and Authenticity.” In Canadian Journal of Higher Education (Vol. 48). https://doi.org/10.7202/1057137ar

Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19).

Nurjanah, E., Reynaldi, M. R., Apsoh , S., & Patimah , S. (2021). Penerapan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Didactical Mathematics, 3(2), 49-58.

Popyk, A. (2021). The impact of distance learning on the social practices of schoolchildren during the COVID-19 pandemic: reconstructing values of migrant children in Poland. European Societies, 23(S1), S530–S544. https://doi.org/10.1080/14616696.2020.1831038

Rachmawati, dkk. (2020). Studi Eksplorasi Pembelajaran Pendidikan IPA Saat Masa Pandemi COVID-19 di UIN Sunan Ampel Surabaya. Indonesian Journal of Science Learning, 1, no. 1(Juni): 32-36.

Rahayu, Retno Puji dan Wirza, Yanti. (2020). Teacher’s Perception of Online Learning during Pandemic Covid-19. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 20, No. 3(Desember): 392-406

Sadikin, Ali & Hamidah, Afreni. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah. Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6, no.2(Juni):214–224.

Sari, Anjaria Lestari, et al. (2021). Penggunaan Mendia Sosial Whatsapp Pada Pembelajaran Daring di Kelas I SDN 25 Indralaya. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 8, no. 1(Mei):48-55.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sun, Litao, et al. (2020). Coronavirus pushes education online. Nature Materials, 19(June):687.

Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2016). Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Timur.

Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2004). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM, 47(5), 75–79. https://doi.org/10.1145/986213.986216.




DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v9i1.17275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

Kampus Indralaya 
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

email: jisd@fkip.unsri.ac.id


p-ISSN: 2355-7346

e-ISSN: 2685-6433