• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANIMAKER MATERI ALAT GERAK DAN FUNGSINYA PADA MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V | Lastyanggun | Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan

    PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANIMAKER MATERI ALAT GERAK DAN FUNGSINYA PADA MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V

    Eryn Tri Lastyanggun, Dhian Dwi Nur Wenda, Ita Kurnia

    Abstract


    Berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada guru dan siswa kelas V SDN Pojok 1 Kabupaten Kediri ditemukan beberapa permasalahan materi alat gerak dan fungsinya pada manusia yaitu siswa cepat bosan dan kurang aktif dalam pembelajaran sehingga hasil belajar kurang optimal. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan adanya pemgembangan video pembelajaran berbasis aplikasi Animaker materi alat gerak dan fungsinya pada manusia untuk siswa kelas V. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan produk tersebut. Metode yang digunakan yaitu RnD (Research and Development) dan model pengembangan menggunakan model ADDIE. Validasi materi diperoleh skor 84% dan validasi media diperoleh skor 92%. Data kepraktisan diperoleh dari angket respon guru diperoleh skor 90% dan angket respom siswa diperoleh skor 94%. Data keefektifan diperoleh dari hasil pengerjaan soal posttest siswa mendapat skor 85%. Mala dapat disimpulkan bahwa pengembangan video pembelajaran berbasis aplikasi Animaker materi alat gerak dan fungsinya pada manusia untuk siswa kelas V sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. 

    Keywords


    Animaker, kevalidan, kepraktisan, keefektifan.

    Full Text:

    PDF

    References


    Arikunto, S. (2000). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

    Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

    Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

    Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

    Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Laksita Indonesia. http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16140

    Elisa, E. (2018). Pengertian, Peranan, dan Fungsi Kurikulum. Jurnal Curere, 1(02), 130. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36764/jc.v1i02.81

    Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, M., & Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group.

    Hamalik, Oemar. 2017. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

    Hayati, N., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160–180. https://doi.org/10.25299/AL-HIKMAH:JAIP.2017.VOL14(2).1027

    Hukama, M. (2017). Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Ipa Materi Daur Hidup Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 149 Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 4(1).

    Munthe, A. L., Toybah, T., & Usman, N. (2018). Pemahaman Siswa Pada Unsur Dan Sifat-Sifat Bangun Datar Menggunakan Media Tangram Di Kelas III Sdn 11 Indralaya. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 5(2).

    Nesri, F. D. P. (2020). Pengembangan modul ajar cetak dan elektronik materi lingkaran untuk meningkatkan kecakapan abad 21 siswa kelas XI SMA Marsudirini Muntilan. Sanata Dharma.

    Purwaningtyas, P., Dwiyogo, W. D., & Hariyadi, I. (2017). Pengembangan modul elektronik mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan kelas XI berbasis online dengan program Edmodo. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, 2(1), 121–129. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v2i1.8471

    Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: ALFABETA

    Wigati, B. W., Usman, N., & Laihat. (2021). Bahan Ajar Berbasis Lintas Budaya Dengan Model Project Based Learning Pada Subtema Globalisasi Di Sekitarku Di Kelas VI SD. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 8(1), 24–32.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v10i1.19402

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2023 Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    PUBLISHED BY:

    Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

    Kampus Indralaya 
    Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
    Kampus Palembang
    Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

    email: jisd@fkip.unsri.ac.id


    p-ISSN: 2355-7346

    e-ISSN: 2685-6433