Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA (Bagian-Bagian Tumbuhan) Dengan Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 01 Palembang

Laihat Laihat

Abstract


Abstrak: Permasalahan utama adalah rendahnya hasil belajar siswa dikelas V SDN 01 Palembang, pada pembelajaran IPA dengan materi bagian-bagian tumbuhan. Tujuan penelitian Ini ialah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDK Padat Karya dengan materi bagian-bagian tumbuhan. Penelitian ini adalah PTK dan bersifat kolaboratif, tempat penelitian adalah siswa kelas V SDN 01 Palembang yang berjumlah 14 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam empat tahap kegiatan yaitu Perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi dilaksanakan dua siklus kegiatan. Hasil penelitian menunjukan dari indikator kinerja hasil belajar yang peneliti tentukan telah tercapai pada pembelajaran siklus II, yaitu nilai rata-rata hasil tes IPA mencapai 78,2 untuk persentase ketuntasan juga telah tercapai yaitu sebesar 92% dengan jumlah siswa sebanyak 13siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65 dari 14siswa kelas V SDN 01 Palembang. Bila dilihat dari aspek aktivitas siswa maupun aktivitas guru keduanya mengalami peningkatan dari kategori baik pada siklus I dan menjadi kategori sangat baik pada siklus II. Dengan demikian penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 01 Palembang pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

 

Kata-kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Pembelajaran IPA, Lingkungan Alam


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v5i2.8261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Inovasi Sekolah Dasar

Program Studi PGSD FKIP Universitas Sriwijaya

p-ISSN: 2355-7346

e-ISSN: 2685-6433

Kampus Indralaya 
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

Indexed In:


Recomended Tools:


 

View My Stats

Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.