PEMAHAMAN SISWA PADA UNSUR DAN SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MEDIA TANGRAM DI KELAS III SDN 11 INDRALAYA

Ayu Lestari Munthe, Toybah Toybah, Nuraini Usman

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi unsur dan sifat-sifat bangun datar menggunakan media Tangram. Penelitian ini adalah Penelitian Tindalan Kelas yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus dengan dua pertemuan pada setiap siklusnya. Setiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 11 Indralaya, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis sebanyak  5 soal uraian dan lembar observasi untuk  siswa. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman siswa dalam materi unsur dan sifat bangun datar pada siklus I dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 42,85%, pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 64,28% dan pada siklus III juga mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 89,28%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media Tangram dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam  materi unsur dan sifat-sifat bangun datar di kelas III SD Negeri 11 Indralaya.

 

Kata-kata kunci: Media Tangram, Unsur dan Sifat-Sifat Bangun Datar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v5i2.8265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar



PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

Kampus Indralaya 
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

email: jisd@fkip.unsri.ac.id


p-ISSN: 2355-7346

e-ISSN: 2685-6433