5M (MENGAMATI, MENANYA, MENCOBA, MENALAR DAN MENGKOMUNIKASIKAN) TEMA CITA-CITAKU KELAS IV SD NEGERI 157 PALEMBANG

Putri Hendria Maulina, Linda Puspita, Nuraini Usman

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanPenerapan 5M (Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar dan Mengkomunikasikan) Tema Cita-citaku kelas IV SD Negeri 157 Palembang. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian berjumlah 3 orang guru kelas IV yaitu guru kelas IVA, IVB dan IVC, yang berada di SD Negeri 157 Palembang pada tahun ajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru kelas IVA, IVB dan IVC di SD Negeri 157 Palembangdalamkegiatan inti pembelajarantelah melaksanakan kegiatan 5M, akan tetapimasih ada langkah-langkah yang belumterlihat,seperti menanya dan menalarMaka dapatdisimpulkanbahwapenerapan5M (Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar dan Mengkomunikasikan) di SD Negeri 157 Palembangbelumsepenuhnyadilaksanakandalam proses belajarmengajar.

 

Kata-kata kunci: Penerapan 5M, mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v5i2.8268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar



PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

Kampus Indralaya 
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

email: jisd@fkip.unsri.ac.id


p-ISSN: 2355-7346

e-ISSN: 2685-6433