KINERJA AKADEMIK MAHASISWA PGSD UNSRI TAHUN AKADEMIK 2016 YANG DITERIMA BERDASARKAN SISTEM SELEKSI MASUK SNMPTN, SBMPTN, DAN USM

Faula Amelia Utari, Yosef Yosef, Hasmalena Hasmalena

Abstract


 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya belajar yang dimiliki oleh mahasiswa yaitu gaya belajar mandiri, kolaboratif dan tak mandiri. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan kinerja akademik mahasiswa PGSD yang diterima berdasarkan jalur SNMPTN, SBMPTN, dan USM ditinjau darik IPK. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif/perbandingan yang dilaksanakan mulai dari tanggal 22 Januari 2018 – 31 Januari 2018 di dua tempat yang berbeda yaitu kampus FKIP Indralaya dan kampus FKIP KM 5 Palembang. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PGSD yang berada di semester 4 yang berjumlah 101 Mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan mengumpulkan dokumen secara langsung (IPK). Teknik analisis data yang digunakan adalah Kruskall Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap mahasiswa mempunyai gaya belajar sendiri-sendiri. Dan perbedaan gaya belajar yang dimiliki setiap mahasiswa juga mempengaruhi IPK setiap mahasiswa. Hal tersebut terlihat dari hasil uji Kruskall Wallis dengan nilai Chihitung = 13,50 > Chitable = 5,99 maka H0 ditolak dan Ha diterima.

 

Kata-kata kunci: gaya belajar, IPK


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v5i2.8270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Inovasi Sekolah Dasar

Program Studi PGSD FKIP Universitas Sriwijaya

p-ISSN: 2355-7346

e-ISSN: 2685-6433

Kampus Indralaya 
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

Indexed In:


Recomended Tools:


 

View My Stats

Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.