MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN 24 PALEMBANG
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembe-lajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SDN 24 Palembang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Pre-Experimental Designs dengan jenis One group Pretest-Posttest Design. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 32 soal dan observasi. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data pretest dan posttest data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji hipotesis menunjukan nilai thitung = 5,98 sedangkan ttabel = 2,05. Nilai thitung lebih besar dari ttabel (5,98 ? 2,05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning pada materi energi dan perubahannya terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SDN 24 Palembang.
Kata-kata Kunci: model pembelajaran contextual teaching and learning
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v5i2.8271
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)
Kampus Indralaya
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar
email: jisd@fkip.unsri.ac.id