MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KELILING DAN LUAS LINGKARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 6 Palembang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VE yang berjumlah 41 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal, observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data pretest dan posttest bahwa data tersebut terdistribusi normal. Setelah hipotesis penelitian diuji dengan uji t diperoleh = 5,37, sedangkan dari tabel distribusi t diperoleh = 2,02 sehingga terlihat bahwa . Oleh karena itu, ditolak dan di-terima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learn-ing pada materi keliling dan luas lingkaran berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 6 Palembang.
Kata Kunci: model problem based learning, dan hasil belajarFull Text:
PDFCopyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)
Kampus Indralaya
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar
email: jisd@fkip.unsri.ac.id