MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KELILING DAN LUAS LINGKARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V

Septrima Lisanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 6 Palembang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  Pre-Eksperimental Design dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VE yang berjumlah 41 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal, observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data pretest dan posttest bahwa data tersebut terdistribusi normal. Setelah hipotesis penelitian diuji dengan uji t diperoleh   = 5,37, sedangkan dari tabel distribusi t diperoleh    = 2,02 sehingga terlihat bahwa  . Oleh karena itu,   ditolak dan   di-terima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learn-ing pada materi keliling dan luas lingkaran berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 6 Palembang.

Kata Kunci: model problem based learning, dan hasil belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v4i1.8327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar



PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

Kampus Indralaya 
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

email: jisd@fkip.unsri.ac.id


p-ISSN: 2355-7346

e-ISSN: 2685-6433