MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI DAUR HIDUP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 149 PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen ber-bentuk True Experimental Design Pretest Posttest Control Group Design yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVE dan IVF SD Negeri 149 yang berjumlah masing-masing 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar IPA, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitung-an rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen sebesar 77,6 lebih tinggi daripada rata-rata kelompok kontrol sebesar 70,9. Hasil analisis data menunjukan nilai t hitung 2,195 > t tabel 1,997 pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol t hitung 0,367 < t tabel 1,997. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 149 Palembang.
Kata kunci: Media audio-visual, daur hidup, hasil belajar IPAFull Text:
PDFCopyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)
Kampus Indralaya
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar
email: jisd@fkip.unsri.ac.id