KEMAMPUAN GURU MELALUI PELATIHAN DAN BIMBINGAN BERKELANJUTAN DALAM PENERAPAN PAKEM DI SD NEGERI 028 RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU

Erlina Daulay

Abstract


Secara umum, tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar di SD Negeri 028 Rambah Kabu­­paten Rokan Hulu dan secara khusus tujuan  betujuan untuk menge­ta­hui efevtivitas upaya peningkatan keteram­pilan guru dalam menerapkan pendekatan PAKEM melalui latihan dan bimbingan di SD Negeri 028 Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah yang terdiri atas tiga siklus. Guru-guru  yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah mereka yang telah menerapkan pendekatan PAKEM di bawah binaan UNICEF, yakni guru mata pelajaraan Bahasa Indonesia, IPA, Mate­matika, Bahasa Inggris, dan IPS. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa hanya sebagian kecil guru SD Negeri 028 Rambah Kabupaten Rokan Hulu yang telah menerapkan pende­katan PAKEM dalam pelaksanaan KBM. Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Pelatihan dalam bentuk work­shop dan bimbingan telah menambah pemahaman dan keterampilan guru SD Negeri 028 Rambah Kabupaten Rokan Hulu tentang penting­nya penerapan pendekatan PAKEM dalam pembelajaran di kelas; (2) Hasil analisis data menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan dalam bentuk workshop lebih banyak memberikan tambahan pengetahuan bagi guru tentang materi workshop, sedangkan peningkatan keteram­pilan guru dalam penerapan PAKEM di kelas lebih banyak diper­oleh melalui kegiatan bimbingan dalam praktek langsung. Dengan demikian, pelatihan dan bim­bingan yang dilakukan kepala sekolah memiliki efektivitas yang cukup tinggi untuk peningkatan keterampilan guru dalam penerapan PAKEM di SD Negeri 028 Rambah.

Kata Kunci: PAKEM, Latihan dan bimbingan, Pelatihan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v4i1.8330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar



PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

Kampus Indralaya 
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

email: jisd@fkip.unsri.ac.id


p-ISSN: 2355-7346

e-ISSN: 2685-6433