WAYANG KARTUN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA ANAK SISWA KELAS V SD NEGERI 149 PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas V SD Negeri 149 Palembang menggunakan media wayang kartun. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan bertahap terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes keterampilan menyimak dan observasi. Indikator yang ditetapkan untuk mengukur keberhasilan siswa adalah apabila siswa memperoleh nilai ? 75 dan ketuntasan belajar klasikal 85%. Berdasarkan data nilai keterampilan menyimak siswa persentase ketuntasan pada siklus I adalah 54,29%, pada siklus II persentase ketuntasan 68,57%, kemudian pada siklus III persentase ketuntasan 88,57%, terlihat bahwa setiap siklus pembelajaran terjadi peningkatan. Peningkatan persentase ketuntasan siswa ini juga didukung dengan persentase keaktivan siswa. Pada siklus I 65,36% (cukup), sedangkan pada siklus II persentase keaktivan rata-rata siswa menjadi 72,14% (baik), kemudian pada siklus III persentase keaktivan rata-rata siswa meningkat menjadi 86,60% (sangat baik). Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media wayang kartun sangat mendukung dalam meningkatkan keterampilan menyimak dan dapat diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Sehingga peneliti menyarankan agar media wayang kartun agar diterapkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia.
Kata Kunci: keterampilan menyimak, cerita anak, media wayang kartunCopyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)
Kampus Indralaya
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar
email: jisd@fkip.unsri.ac.id