MODEL LAYANAN KURIKULUM BIMBINGAN DAN KONSELING TERPADU DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pelayanan kurikulum panduan yang terintegrasi dengan pengajaran di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan yang melibatkan guru sekolah dasar, mahasiswa, dan anak sekolah dasar sebagai subyeknya. Prosedur pengembangan model terdiri dari perencanaan, perancangan, dan evaluasi. Protokol wawancara, lembar observasi, kuesioner, dan tes tertulis dikembangkan untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan. Data dianalisis berdasarkan karakteristiknya, kualitatif dan kuantitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model tersebut telah memenuhi persyaratan validitas dan kepraktisan. Selain itu, juga memiliki potensi efek positif dalam tingkat sedang baik untuk bimbingan dan pencapaian pembelajaran.
Kata kunci: kurikulum panduan, bimbingan dan konseling, pengajaran di sekolah dasar.Full Text:
PDFCopyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)
Kampus Indralaya
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar
email: jisd@fkip.unsri.ac.id