MODEL LAYANAN KURIKULUM BIMBINGAN DAN KONSELING TERPADU DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Yosef Yosef

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pelayanan kuri­kulum panduan yang terintegrasi dengan pengajaran di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan yang melibatkan guru sekolah dasar, maha­siswa, dan anak sekolah dasar sebagai subyek­nya. Prosedur pengembangan model terdiri dari perencanaan, perancangan, dan evaluasi. Protokol wawancara, lembar observasi, kuesioner, dan tes tertulis dikem­bangkan untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan. Data dianalisis berdasarkan karakteristiknya, kualitatif dan kuan­titatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model tersebut telah memenuhi persyaratan validitas dan kepraktisan. Selain itu, juga memiliki potensi efek positif dalam tingkat sedang baik untuk bimbingan dan pencapaian pembelajaran.

Kata kunci: kurikulum panduan, bimbingan dan konseling, pengajaran di sekolah dasar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v4i1.8332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar



PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

Kampus Indralaya 
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

email: jisd@fkip.unsri.ac.id


p-ISSN: 2355-7346

e-ISSN: 2685-6433