PELATIHAN PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI GURU-GURU SD MITRA PGSD FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA DI PALEMBANG

Toybah Toybah

Abstract


Kemampuan membuat media pembelajaran oleh guru termasuk guru sekolah dasar (SD) merupakan salah satu tun¬tutan profesinya. Hal ini bertujuan agar guru memiliki inovasi dalam memberikan materi pembelajaran matematika, sehingga siswa dengan mudah memahami apa yang guru berikan. Mengingat masih rendahnya kemampuan dan minat siswa terhadap pembelajaran matematika. Pelatihan ini bertujuan untuk mengatahui kemampuan membuat dan menggunakan media pembelajaran matematika bagi guru-guru SD mitra PGSD FKIP Universitas Sriwijaya di Palembang. Materi pembelajaran matematika SD yang menjadi fokus pelatihan ini yaitu materi bilangan bulat dan pecahan. Tahapan Kegiatan terdiri dari pelatihan terbimbing dan pelatihan mandiri. Guru-guru SD Mitra yang mengikuti pelatihan ini berasal dari SD Negeri 24 dan 238 Palembang yang berjumlah 30 peserta. Hasil dari pelatihan ini setelah peserta dapat membuat dan menggunakan alat peraga yaitu dalam pelatihan ini mistar bilangan dan pecahan, akan dihasilkan diktat petunjuk pembuatan dan penggunaan alat peraga tersebut. Pelatihan pembuatan dan penggunaan media pembelajaran matematika pada guru-guru SD Mitra PGSD di Palembang berdampak positif terhadap pengetahuan dan pengembangan diri pada guru, terutama dapat membantu guru untuk menanamkan konsep materi tersebut kepada siswa.

 

Kata Kunci: Media Pembelaran Matematika, Guru-guru SD Mitra PGSD di Palembang

Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v4i2.8337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Inovasi Sekolah Dasar

Program Studi PGSD FKIP Universitas Sriwijaya

p-ISSN: 2355-7346

e-ISSN: 2685-6433

Kampus Indralaya 
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

Indexed In:


Recomended Tools:


 

View My Stats

Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.