ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 11 KOTA LANGSA

Nuryanis Nuryanis

Abstract


Pelaksanaan kurikulum 2013 sejak beberapa tahun lalu perlu dievaluasi apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan atau belum. Oleh karena itu, perlu kiranya dilakukan penelitian untuk mengungkap pelaksanaan kurikulum 2013 ini pada sekolah yang telah menerapkannya, salah sekolah tersebut adalah di SD Negeri 11 Kota Langsa. Adapun yang menjadi sampel penelitian adalah guru kelas I dan guru kelas IV SD Negeri 11 Kota Langsa. Penyampelan menggunakan teknik purpose random sampling, yaitu guru yang telah menerapkan kurikulum 2013 di kelasnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas pedoman wawancara dan lembar observasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 di SD Negeri 11 Kota Langsa  memperoleh nilai  rata-rata 84,6. Nilai tersebut  berada pada peringkat baik. Meskipun demikian, peningkatan masih perlu dilakukan karena ada beberapa indikator yang diamati belum dilaksanakan dengan maksimal oleh guru.

 

Kata Kunci: analisis, pelaksanaan pembelajaran, kurikulum 2013, pendekatan tematik terpadu, pendekatan saintifik

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v4i2.8339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar



PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

Kampus Indralaya 
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

email: jisd@fkip.unsri.ac.id


p-ISSN: 2355-7346

e-ISSN: 2685-6433