KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PENGUMUMAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Lidia Wati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelaja­ran Pair Check terhadap keterampilan menyimak pengumuman siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 di SD Negeri 24 Palembang. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Pair Check (X) dan keterampilan menyimak (Y). Kelompok eksperimen yaitu siswa kelas IV A dan kelompok kontrol yaitu siswa kelas IV C SD Negeri 24 Palembang. Instrumen penelitian yang diguna­kan adalah tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 15 soal. Berdasarkan hasil ujinya data pretest dan posttest  tersebut berdistri­busi normal dan bersifat homogen. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji t. Sete­lah hipotesis penelitian diuji dengan uji t diperoleh thitung = 2,75 sedangkan dari tabel distribusi t diperoleh ttabel = 1,9 sehingga terlihat bahwa thitung ? ttabel. Oleh karena itu, H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Pair Check efektif digunakan dalam pembelajaran me­nyimak pengumuman siswa kelas IV A SD Negeri 24 Palembang.

 

Kata-kata kunci: Keefektifan, model pembelajaran Pair Check, keterampilan menyimak

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v4i2.8344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Inovasi Sekolah Dasar

Program Studi PGSD FKIP Universitas Sriwijaya

p-ISSN: 2355-7346

e-ISSN: 2685-6433

Kampus Indralaya 
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

Indexed In:


Recomended Tools:


 

View My Stats

Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.