KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PENGUMUMAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Pair Check terhadap keterampilan menyimak pengumuman siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 di SD Negeri 24 Palembang. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Pair Check (X) dan keterampilan menyimak (Y). Kelompok eksperimen yaitu siswa kelas IV A dan kelompok kontrol yaitu siswa kelas IV C SD Negeri 24 Palembang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 15 soal. Berdasarkan hasil ujinya data pretest dan posttest tersebut berdistribusi normal dan bersifat homogen. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji t. Setelah hipotesis penelitian diuji dengan uji t diperoleh thitung = 2,75 sedangkan dari tabel distribusi t diperoleh ttabel = 1,9 sehingga terlihat bahwa thitung ? ttabel. Oleh karena itu, H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Pair Check efektif digunakan dalam pembelajaran menyimak pengumuman siswa kelas IV A SD Negeri 24 Palembang.
Kata-kata kunci: Keefektifan, model pembelajaran Pair Check, keterampilan menyimak
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v4i2.8344
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)
Kampus Indralaya
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar
email: jisd@fkip.unsri.ac.id