PENERAPAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IVB SD NEGERI 24 PALEMBANG

Qodarianti Rahma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kelas IV SD Negeri 24 Palembang, pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan media Teka – Teki Silang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 24 Palembang. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV B, yang berjumlah 34 orang, terdiri dari 22 siswa laki – laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016 / 2017. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk mata pelajaran IPS di SD Negeri 24 Palembang yaitu 63 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 80%. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai ketuntasan sebesar 61% dengan rata-rata hasil belajar sebesar 71, sedangkan pada siklus II mencapai ketuntasan sebesar 82% dengan rata-rata hasil belajar sebesar 79. Dari hasil yang telah didapatkan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Teka-Teki Silang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahan Sosial (IPS).

 

Kata kunci: ilmu pengetahuan sosial (IPS), media teka-teki silang, hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v4i2.8345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Inovasi Sekolah Dasar

Program Studi PGSD FKIP Universitas Sriwijaya

p-ISSN: 2355-7346

e-ISSN: 2685-6433

Kampus Indralaya 
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

Indexed In:


Recomended Tools:


 

View My Stats

Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.