• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 147 PALEMBANG | Purnomo | Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan

    MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 147 PALEMBANG

    Adji Purnomo

    Abstract


    The purpose of this research is to improving learning outcomes of students in fifth grade SD Negeri 147 Palembang on social study learning with used by audio visual media. This research includes classroom action research with research subject are 32 students in fifth grade SD Negeri 147 Palembang. This research consist of three cycles. The data analysing is using test and observation. The first cycle, students who pass are 20 students, the second cycle there are 28 students who pass, and the third cycle there are 28 students who pass. Increasing students' mastery learning also supported by increase students' learning activities, the first cycle classically 68,8%, the second cycle student activity increased to 87.5%, the third cycle increased significantly to 96.9% Thus, it was concluded that the application of the Audio Visual media learning can improve learning outcomes for Social Sciences at the fifth grade students of SD Negeri 147 Palembang.

     

    Key Word: Audio Visual Media, Improved Learning Outcomes

     

     

    Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 147 Palembang pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan media Audio Visual. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 147 Palembang dengan jumlah 32 siswa. Penelitian ini terdiri dari III siklus. Analisis data menggunakan teknik tes dan observasi. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa (65,6%), siklus II meningkat menjadi 23 siswa (78,1%), dan siklus III terdapat 28 siswa yang tuntas (87,5%). Peningkatan ketuntasan belajar siswa juga didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa, pada siklus I secara klasikal 68,8%, siklus II aktivitas siswa mengalami peningkatan menjadi 87,5%, siklus III terjadi peningkatan cukup signifikan menjadi 96,9%. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V SD Negeri 147 Palembang.

     

    Kata Kunci: Model Audio Visual, Peningkatan Hasil Belajar




    DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v3i2.8495

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar



    PUBLISHED BY:

    Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

    Kampus Indralaya 
    Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
    Kampus Palembang
    Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

    email: jisd@fkip.unsri.ac.id


    p-ISSN: 2355-7346

    e-ISSN: 2685-6433