MODEL LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS OPEN ENDED PROBLEM PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS VI SD

nuryanis nuryanis

Abstract


Abstract: Nowadays, studying in Elementary School tends to use worksheet that is sold by the publisher. Basically, most of worksheet for mathematics do not fit into the characteristic of the students and not accommodate their creative thinking. This situation causes low activity of the students and their creative thinking becomes undeveloped. This fact needs to be solved by developing worksheet which contains open ended problem. This solution was executed by developing worksheet which based on valid, practical, and effective form of Open Ended Problem. This research was development research. This research adopts Mc Kenny model, which consists of introductory analysis, designing, and marking phases. The result of research shows that the developed worksheet which based on Open Ended Problem is already valid, practical, and effective.

 

Keyword: Open Ended Problem, creative thinking, fluency, flexibility, novelty, validity

 

Abstrak: Pembelajaran di sekolah dasar (SD) saat ini cenderung menggunakan LKS yang dijual dari penerbit, tidak terkecuali untuk mata pelajaran matematika. LKS matematika yang banyak digunakan pada dasarnya belum sesuai dengan karakteristik siswa dan belum mengakomodasi siswa untuk dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Keadaan yang demikian menjadi salah satu pemicu rendahnya aktivitas siswa dalam pembelajaran dan pemikiran kreatif siswa menjadi tidak berkembang. Kenyataan ini perlu dicarikan solusi, yaitu dengan mengembangkan LKS yang memuat soal bersifat terbuka. Solusi ini diwujudkan dalam bentuk mengembangkan LKS berbasis Open Ended Problem yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini mengadopsi model Mc Kenny, yang terdiri atas tahap analisis pendahuluan, tahap perancangan, dan tahap penilaian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa LKS berbasis Open Ended Problem  yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

 

Kata kunci: Open Ended Problem, berpikir kreatif


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v2i2.8616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar



PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

Kampus Indralaya 
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

email: jisd@fkip.unsri.ac.id


p-ISSN: 2355-7346

e-ISSN: 2685-6433