• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PENGARUH MEDIA E-SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA DI SEKOLAH DASARPENGARUH MEDIA E-SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA DI SEKOLAH DASAR | susiloningsih | Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan

    PENGARUH MEDIA E-SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA DI SEKOLAH DASARPENGARUH MEDIA E-SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA DI SEKOLAH DASAR

    esti susiloningsih

    Abstract


    Abstrack: This research purpose to determine the effect of e-scrapbook media on learning outcomes of a simple plane material science students in grade 05 Indralaya VB Elementary School. Study is a quasi-experimental design with one group pretest-posttest. This design uses a single class. The collection of data in the form of pretest and posttest with test instruments. Difference in pretest and posttest data were analyzed using the t test to see whether or not the e-scrapbook media influence on students' science learning outcomes. Based on the analysis of research data, the value of t_hitung = 21, 27 to n = 29, with a standard error of 5% then, the obtained value of t_ (table) = 2, 048. Thus, t_hitung> t_ (table) so thank H_a and reject H_o . Based on these results it can be concluded that there are significant e-scrapbook media on learning outcomes fifth grade science students of SD Negeri 05 Indralaya.

     

    Keywords: media e-scrapbook, learning outcomes

     

     

    Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media e-scrapbook terhadap hasil belajar IPA siswa materi pesawat sederhana di kelas VB SD Negeri 05 Indralaya. Penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain One Group Pretest-Posttest. Rancangan ini menggunakan satu kelas. Pengumpulan data berupa pretest dan posttest dengan instrumen tes. Selisih dari data pretest dan posttest tersebut dianalisis dengan menggunakan uji t untuk melihat ada tidaknya pengaruh media e-scrapbook terhadap hasil belajar IPA siswa. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh nilai = 21, 27 untuk n = 29 dengan taraf kesalahan 5 % maka, didapat nilai = 2, 048. Dengan demikian, sehingga terima dan tolak . Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media e-scrapbook terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 05 Indralaya.

     

    Kata Kunci: media e-scrapbook, hasil belajar


    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v2i1.8621

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar



    PUBLISHED BY:

    Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

    Kampus Indralaya 
    Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
    Kampus Palembang
    Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

    email: jisd@fkip.unsri.ac.id


    p-ISSN: 2355-7346

    e-ISSN: 2685-6433