• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • EVALUASI MELALUI OBJEKTIF TES DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR | khasanah | Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan

    EVALUASI MELALUI OBJEKTIF TES DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

    nur khasanah

    Abstract


    Abstrack: The objectives of the research was to know spreass of item in first semester year 2013/2014 with basic competence in natural science class V SDN 117 and to get description how the item spread in level cognitive objective item in the first semester year 2013/2014 based on Taxonomy Bloom in natural sacience at fifth grade students of SDN 117 Palembang. The research problem is suitabilig of item in semester ganjil year 2013/2014 with basic competence in natural science class V of SDN 177 Palembang and how suitability in level cognitive objective item semester ganjil year 2013/2014 based on Taxonomy Bloom. The researcher uses case study doing the research descriptive type which is done in semester ganjil year 2013/2014. The technic of collecting the data is documentation, analyze the data and interview. The result shows that the sicitability of item in semester ganjil year 2013/2014 with basic competence, all of the item is suitable. Different with spread of item wich haven’t full fill the criteria good distribution cognitive level.

    Keywords : Case Studies, Evaluation, Objective Tests, Science

     

    Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebaran soal semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 dengan kompetensi dasar yang terdapat dalam mata pelajaran IPA di kelas V SDN 117 dan untuk mendapatkan gambaran bagaimana penyebaran tingkat kognitif soal objektif semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 berdasarkan Taksonomi Bloom pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 117 Palembang. Masalah dalam penelitian adalah bagaimana kesesuaian soal semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 dengan kompetensi dasar yang terdapat dalam mata pelajaran IPA di kelas V SDN 117 Palembang dan bagaimana penyebaran tingkat kognitif soal objektif semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 berdasarkan Taksonomi Bloom. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dalam bentuk deskriptif yang dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah soal ujian semester ganjil tahun ajaran 2013/2014. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi, teknik analisis data dan teknik wawancara. Dari penelitian yang peneliti lakukan  ternyata kesesuaian soal semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 dengan kompetensi dasar, semua soal sudah sesuai. Namun  untuk pesebaran soalnya belum ada yang memenuhi kriteria distribusi tingkatan kognitif yang baik.

    Kata Kunci : Studi Kasus, Evaluasi, Objektif Tes, IPA


    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v1i2.8629

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar



    PUBLISHED BY:

    Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

    Kampus Indralaya 
    Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
    Kampus Palembang
    Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

    email: jisd@fkip.unsri.ac.id


    p-ISSN: 2355-7346

    e-ISSN: 2685-6433