KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI VOLUME KUBUSDAN BALOK MENGGUNAKAN LANGKAH POLYADI KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords:Polya’s steps, abilityto solve word problems, volume of cubes and cuboids.
Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita materi volume kubus dan balok menggunakan langkah Polya di kelas V SD Negeri 24 Palembang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan langkah Polya dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita materi volume kubus dan balok. Hal ini terlihat dari ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I dengan persentase sebesar 58,3%, siklus II meningkat menjadi 76% dan siklus III meningkat menjadi 92%. Hal ini didukung pula dengan hasil observasi aktivitas peserta didik yang juga meningkat disetiap siklusnya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan langkah Polya dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi volume kubus dan balok di kelas V SD Negeri 24 Palembang.
Katakunci: langkah Polya, kemampuan menyelesaikan soal cerita, volume kubus dan balok
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v6i1.8636
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)
Kampus Indralaya
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar
email: jisd@fkip.unsri.ac.id