GAMBARAN PERILAKU CARING PERAWAT DI RUMAH SAKIT
Abstract
Tujuan: Peduli adalah sifat interpersonal yang tidak diturunkan melalui gen, tetapi diajarkan melalui pendidikan sebagai budaya profesional. Sikap caring perawat dapat memberikan pelayanan yang bermanfaat, karena meningkatkan kepuasan pasien sehingga dapat meningkatkan kunjungan pasien di rumah sakit.RSUD Majalaya memiliki BOR (Bed Occupation Rate) tahun 2015 sebesar 60-85%. Terdapat 414 pasien yang dirawat di ruang rawat inap Melati, Flamboyanan Cempakain Maret 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap caring perawat di ruang RSUD Majalaya tahun 2015.
Metode: Populasi dalam penelitian ini adalah pasien di ruang Melati, Flamboyan dan Cempaka RSUD Majalaya. Mereka adalah 414 pasien. Pengambilan sampel penelitian dalam penelitian ini adalah 82 pasien yang terbagi dalam 3 (tiga) ruangan (Melati, Flamboyan dan Cempaka). Sampel diambil dengan menggunakan cluster sampling. Instrumen yang digunakan adalah CBI (Caring Behavior Inventory).
Hasil: Hasil Penelitian adalah hampir seluruh responden ruang rawat inap melati RSUD Majalaya menyatakan perilaku caring perawat berada dalam kategori baik. Sebagian besar responden ruang rawat inap flamboyan RSUD Majalaya menyataka perilaku caring perawat berada dalam kategori baik. Sebagian besar responden ruang rawat inap cempaka RSUD Majalaya menyatakan perilaku caring perawat berada dalam kategori baik.
Simpulan: Untuk penelitian selanjutnya diharapkan peneliti mendalami faktor-faktor yang mempengaruhi sikap caring perawat dengan tingkat kepuasan klien dengan menggunakan prosedur observasi untuk mencapai hasil yang efisien.
Kata kunci: Sikap caring perawat, tingkat kepuasan pasien
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.
P-ISSN : 2355-5459
Jurnal Keperawatan Sriwijaya by https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jk_sriwijaya/index is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.