KEBUTUHAN LAYANAN KESEHATAN TENTANG SOFT SKILLS LULUSAN DIPLOMA TIGA KEPERAWATAN DI INDONESIA

Ekatrina Wijayanti, Yulia Wardani, Sri Hari Ujiningtyas

Abstract


Tujuan: Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran soft skill yang dibutuhkan oleh unit pelayanan kesehatan.

 

Metode: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif berupa  survey, dengan populasi adalah pimpinan rumah sakit seluruh Indonesia berdasarkan data depkes tahun 2009 berjumlah 1114. Sampel diambil dengan cara quota sampling, setiap provinsi diambil 30% dari jumlah rumah sakit yang ada dengan katagori rumah sakit pemerintah, rumah sakit swasta serta rumah sakit khusus (rumah sakit jiwa, rumah sakit bersalin, rumah sakit mata). Selanjutnya dilanjutkan dengan simple random sampling didapatkan jumlah sampel 334 rumah sakit dengan total sampel 50.

 

Hasil: Hasil penelitian ini mengidentifikasikan bahwa soft skills yang dibutuhkan oleh pimpinan rumah sakit dalam konteks kemampuan komunikasi adalah kemampuan menyampaikan informasi dengan jelas. Soft skills yang dibutuhkan dalam konteks sikap yaitu kejujuran, loyalitas dan pengetahuan bidang keperawatan. Soft skills yang dibutuhkan dalam konteks ketrampilan adalah bisa menjamin keselamatan pasien, kemampuan mengidentifikasi masalah dan kemampuan merencanakan pekerjaan dengan baik.

 

Simpulan: Penelitian ini memberikan informasi bagi institusi pendidikan keperawatan dalam menyiapkan soft skillslulusannya dengan meningkatkan kemampuan memberikan informasi, menumbuhkembangkan sikap jujur, loyal dan kompeten juga terampil dalam keselamatan pasien, mengidentifikasi masalah dan merencanakan pekerjaan dengan baik.

 

Kata Kunci: soft skills, pelayanan kesehatan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN : 2355-5459

E-ISSN : 2684-9712

Creative Commons License
Jurnal Keperawatan Sriwijaya by https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jk_sriwijaya/index is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.