ANALISIS KETERAMPILAN BERTANYA GURU ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 27 OKU
Abstract
Abstract: This research was titled questioning skillsIPS’s teacherat SMPN 27 OKU. Formulation of the problem in this research is how are basic questioning skills and further questioning skills of IPS’s teacher at SMPN 27 OKU. The method used is descriptive. Variables in this researchare basic questioning skills and further questioning skills. Sample in this researchare 3 IPS’s teacherat SMPN 27 OKU. Data collection techniques used in this researchare observation and interviews. Result showed basic questioning skills on criteria very good with an average of 81,36% and further questioning skills on criteria good with an average of 58,93%. Deficiency of teachers in applying questioning skills seen in this researchare disclosure clearly questions with using Indonesian, alteration guidance cognitive level questions, and setting tracker question. As for suggestion of the research are that IPS’s teachercan better understand use questioning skills for successful learning in the classroom, designing the first questions to be asked during learning, and avoid habit to immediately respond to questions and answers learners.
Abstrak: Penelitian ini berjudul Keterampilan Bertanya Guru IPS Di SMP Negeri 27 OKU. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah keterampilan bertanya dasar dan keterampilan bertanya lanjut guru IPS di SMP Negeri 27 OKU. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan bertanya dasar dan keterampilan bertanya lanjut. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu 3 guru IPS di SMP Negeri 27 OKU. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi danwawancara. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan bertanya dasar berada pada kriteria sangat baik dengan rata-rata sebesar 81,36% dan keterampilan bertanya lanjut berada pada kriteria baik dengan rata-rata sebesar 58,93%. Kekurangan guru dalam mengaplikasikan keterampilan bertanya yang terlihat dalam penelitian ini yaitu pengungkapan pertanyaan secara jelas dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik, pengubahan tuntunan tingkat kognitif pertanyaan, dan penggunaan pertanyaan pelacak. Adapun saran dari hasil penelitian ini yaituagar guru mata pelajaran IPS dapat lebih memahami penggunaan keterampilan bertanya untuk keberhasilan pembelajarannya dikelas, merancang terlebih dahulu pertanyaan yang akan diajukan saat pembelajaran, dan menghindari kebiasaan untuk segera menanggapi pertanyaan dan jawaban peserta didik.
Keywords
References
Alma, Buchari & dkk. 2010. Guru Profesional: Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Asril, Zainal. 2013. Micro Teaching. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan TeoretisPsikologis. Jakarta: Rineka Cipta.
Gulo,W. 2008.Strategi Belajar-Mengajar.Jakarta: Grasindo.
Hidayanti, Hilda Husni. 2013. Penggunaan Keterampilan Bertanya Dasar Dalam Pembelajaran IPS Di SD (Penelitian Deskriptif di Kelas IV SDN Sinargalih Kecamatan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya). Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 62-64.
Kyriacou, Chris. 2011. Effective Teaching Theory And Practice. Bandung: Nusa Media.
Marzano, Robert J & Debra J Pickering & Jane E Pollock. 2001. Classroom Instruction That Works. USA: Alexandria Virginia.
Mulyasa, E. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Soetopo, Sungkowo dan Yulie Sudartati. 2010. Bekal Menjadi Guru Profesional. Palembang: Simetri
Article Statistic
Abstract view : 934 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 14625 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Dini Indriani, Yulia Djahir, Ikbal Barlian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.