PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COMPUTER SUPPORTED COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 6 PALEMBANG
Abstract
Abstract: This study aimed to know the difference of the effect between Computer Supported Collaborative Learning model and Computer Based Learning model toward Economy student learning outcomes in SMA 6 Palembang. This study used True Experimental Design, with Pretest-Postest Control Group Design. Population of this study were all of the IIS tenth grade students in SMA 6 Palembang that consist of 4 classes odd semester 2014-2015 amounted 105 students. The sample of this study was taken by using Cluster Random Sampling technique and it concluded X IIS 2 as an experimental class with 26 students. Technique of collecting data used test and observation. The statistics used to analyze data was parametric statistics with hypotheses (t-test) by using the formula of related t-test. The result of t-test is tcount 3,416 and tinterpolation 2,009. Thus, the hypotheses in this study is true that there is difference of the effect between Computer Supported Collaborative Learning model and Computer Based Learning model toward Economy student learning outcomes in SMA 6 Palembang. The difference can be seen from the student learning outcomes in the experimental class with average score of pretest 56,66 and posttest 86,66 while in the controlled class with average score of pretest 53,30 and posttest 80. It shows the difference in the effect of Computer Supported Collaborative Learning model in the experimental class and the controlled class which was given Computer Based Learning model.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran Computer Supported Collaborative Learning dengan model pembelajaran berbasis komputer terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA negeri 6 Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian True Eksperimental Design, dengan bentuk Pretest-Postest Control Group Design. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas X IIS SMA Negeri 6 Palembang yang terdiri dari 4 kelas semester ganjil tahun pelajaran 2014-2015 yang berjumlah 105 peserta didik. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan didapatlah kelas X IIS 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 27 dan X IIS 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 26. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan observasi. Statistik yang digunakan untuk menganalisa data dalam pembuktian adalah statistik parametris melalui hipotesis (uji-t) dengan menggunakan rumus uji-t Related (untuk sampel berpasangan). Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 3,416 sedangkan tinterpolasi sebesar 2,009. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, bahwa ada perbedaan pengaruh model pembelajaran Computer Supported Collaborative Learning dengan model pembelajaran berbasis komputer terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Palembang. Perbedaannya dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pretest 56,66 dan posttest sebesar 86,66dan pada kelas kontol nilai rata-rata pretest 53,30 dan posttest sebesar 80. Terlihat jelas perbedaan pengaruh model pembelajaran computer supported collaborative learning pada kelas eksperimen dan pada kelas kontrol yang diberi perlakuan berupa model pembelajaran berbasis komputerKeywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anggrayni, Yenni. 2008. Pengaruh Model E-learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Plus Negeri 17 Palembang. Skripsi Fkip UNSRI.
Arif, Haryono,dkk. 2008. Teknik Pembuatan Presentasi. Bandung: Informatika.
Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
.2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2006. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Ekonomi. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Darmwan, Deni. 2011. Teknologi Pembelajaran. Bandung : Rosdakarya.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran . Yogyakarta: Gava Media.
Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Intraksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Eri. 2009. Pengaruh Model Pembelajaran Computer Supported Collaborative Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika.http://eprints.uny.ac.id/7050/1/P35%20Eri%20Satria.pdf. Diakses Tanggal 19 Maret 2014.
Kurniawan, dkk. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Propersionalitas Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Lesmana, Surya. dkk. 2013. 2 Jam Bisa Bikin Web E-Learning Gratis dengan Moodle. Jakarta : PT. Prima Ufuk Semesta.
Munir. 2009. Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung : Alfabeta
Panggabean, Yusri. dkk. 2007. Strategi Model dan Evaluasi. Bandung : Bina Media Informasi
Prakoso, Kukuh Setyo. 2005. Membangun E-Learning dengan Moodle. Yogyakarta: Andi Offset.
Raharja, Manurung. 2006. Pengantar Ilmu Ekonomi (Makro Ekonomi dan Mikro Ekonomi). Jakarta : FE UI.
Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian untuk Manurung. 2006. Pengantar Ilmu Ekonomi (Makro Ekonomi dan Mikro Ekonomi). Jakarta : FE UI.Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta.
Rusman. 2010. Belajar dan pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung : Alfabeta.
.2012. Belajar dan pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung : Alfabeta.
Sanaky, Hujair AH. 2011. Media Pembelajaran “Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen”. Yogyakarta : Kaukaba.
Sudjana,dkk. 2004. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Sinar Baru.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Sukirno, Sadono. 2010. Mikro Ekonomi Teori Pengantar. Jakarta : PT. Raja Grafindo.
Suyanto dan Jihad, Asep. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta : Rineka Cipta.
Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.
Uno, Hamzah. 2007. Profesi Kependidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
.2010. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran.
Jakarta : Bumi Aksara.
Warsono dan Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif. Jakarta : Rosda.
Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta : Bumi Aksara
Yamin, Martinis. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Gaung Persada
Copyright (c) 2018 Eliza ., Muhammad Djahir Basir, Ikbal Barlian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
e-ISSN: 2620-8504 p-ISSN: 2355-7176PUBLISHED BY :
Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas SriwijayaJl. Raya Palembang - Prabumulih Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan
email :profitp_ekonomi@fkip.unsri.ac.id
SPONSORSHIP BY :
INDEXED BY :
The Journal PROFIT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View PROFIT Stats