PENGARUH MEDIA ULEAD VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA PGRI GELUMBANG
Abstract
Abstract: This study aims to determine the effect of Media Ulead Video Knowledge Technologu the Learning Outcomes of Students Lesson In Economics in SMA PGRI Gelumbang. Research conducted experiments with this type of research is the design of the Pre-Experimental Design One-Group Pretest form-posttest design is using pretest and posttest with as much as 5 treatment sessions. The population is the entire class X consisting of 4 classes second semester of the school year 2013/2014, amounting to 143 people. By using random cluster sampling technique derived class X.4 as an experimental class treated media Ulead Video .Data collection techniques was obtained by using tests and observation. Statistics were used to analyze the data in a statistical parametric verification is through hypothesis testing (t-test) using t-test formula product moment and the significance level (?) = 5% and df = n-2 so (df = 30 -2 = 28). The results of hypothesis testing using t-test obtained tcount ttable 2,473 while 1,714. thus the hypothesis proposed in this study can diterime truth, that there are influences learning media ulead video Content Knowledge of the learning outcomes of students in the subject of economics at SMA PGRI Gelumbang. Its influence can be seen in the comparison of learning outcomes of students in the experimental class with a mean pretest and posttest by by 76.2. That mean media ulead video. Therefore, it is advisable for teachers to implement instructional media ulead video as an alternative to improve the learning outcomes of students.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Ulead Video terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA PGRI Gelumbang. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre-Experimental Design bentuk One-Group Pretest-Postest design yaitu menggunakan pretes dan postes dengan perlakuan sebanyak 4 kali pertemuan.Populasi adalah seluruh kelas X yang terdiri dari 4 kelas semester genap tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 143 orang. Dengan menggunakan random dengan teknik Cluster Random Sampling di dapat kelas X.4 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan media ulead video.Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan tes dan observasi. Statistik yang digunakan untuk menganalisa data dalam pembuktian adalah statistic parametris melalui uji hipotesis (uji-t) dengan menggunakan rumus uji-t product moment dan taraf signifikansi (?) = 5% dan dk= n-2 jadi (dk= 30 -2= 28). Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 2.473 sedangkan ttabel sebesar 1.714.dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, bahwa ada pengaruh media ulead video terhadap hasil belajar pesertadidik pada mata pelajaran ekonomi di SMA PGRI Gelumbang. Pengaruhnya dapat dilihat pada perbandingan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan rerata pretes sebesar 60,2 postes sebesar 83,9.Itu artinya terjadi peningkatan hasil belajar setelah diberi perlakuan media ulead video.Oleh karena itu, diharapkan guru mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa laptop, LCD, dan program sofwere yang akan diajarkanKeywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andi.2009.Vidio Editing Ulead Vidio.Yogyakarta: Wahana Komputer
Arsyad,Azhar.2007.MediaPengajaran.Jakarta: Raja Grafindo Persada
Asyar.2012.Multimedia Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas. 2008. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Ekonomi. Jakarta: Departemen Pendidikan nasional.
Mudjiano. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta :Rineka Cipta
Djamarih,Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta
Faturrohman, dan sobry. 2007.Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Reflika Aditama
Riduwan.2011. Belajar Mudah untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
_______. 2012. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Rohmana, Chy. 2013. Pengertian Ekonomi, Ilmu dan Teorinya. Online: http://blogging.co.id/pengertian-ekonomi-ilmu-dan-teorinya, diakses 26 Februari 2013 jam 05:29 WIB.
Solihatin, Atin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
________. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sukirno. 2010. Mikro Ekonomi Teori Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
Syah, Muhibbin. 2004. Psikoligi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana.2010.Perencanaan Pembelajaran.Jakarta:PT.rineka Cipta
Zainal dan adhi.2012.Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ICT.Yogyakarta : skripta Media Creative
Copyright (c) 2018 Ika Wulandari, Yulia Djahir, Deskoni .
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
e-ISSN: 2620-8504 p-ISSN: 2355-7176PUBLISHED BY :
Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas SriwijayaJl. Raya Palembang - Prabumulih Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan
email :profitp_ekonomi@fkip.unsri.ac.id
SPONSORSHIP BY :
INDEXED BY :
The Journal PROFIT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View PROFIT Stats