PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 5 PALEMBANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Abstract: This study was aimed to prove: The Effect of emotional intelligence towards students’ finacial accounting achievment of eleventh graders of vocational school numbers 5 Palembang academic year 2015/2016. This study was a causal associative study. The population was the elevent grade students of eccounting major of vocational school number 5 palembang academik year 2015/2016 who belong to three diffrent classes with 122 student as the total number. To choose the sample, random sampling technique was used, so there were 61 students as the sample. In collecting the data, questionnaire and documentation were used. Based on the result, the emotional intelligence of the eleventh grade students manjoring accounting was 63,93% which was in a moderate category. Statistically, the result showed that ? ( 18,77 ? 4,00) which meansh that there was a significant correlation between emotional intelligence an students’ finacial accounting achievement. The writer hopen that this study might encourage onther writers to figure out onother factor which influences the students’ finacial accounting achievement.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI di SMK Negeri 5 Palembang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 5 Palembang Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 122 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian menggunakan simple random sampling, sehingga diperoleh sampel berjumlah 61 siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data kecerdasan emosional siswa kelas XI akuntansi menunjukkan sebesar (63,93%) dalam kategori sedang dan berdasarkan perhitungan statistik dengan menggunakan uji F, diperoleh ? atau 18,77 ? 4,00 maka artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan. Penelitian ini menunjukkan besarnya sumbangan yaitu 18,24%.. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini bagi peneliti selanjutnya agar dapat meneliti faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar akuntansi yang belum diungkap dalam penelitian ini.Keywords
References
Apriyanti, Farri. (2009). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA N 6 Palembang.Skripsi. FKIP UNSRI.
B. Uno, Hamzah. (2006). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran,. Jakarta:Bumi Aksara,.
Dimyati dan Mudjiono, (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
E. Saphiro, Lawrence. (2009). Mengajarkan Emotional Intelegence Pada Anak.Jakarta: PT Gramedia,.
Goleman, Daniel. (2009). Kecerdasan Emosional, Jakarta. Gramedia
Munib, Achmad dkk, (2006). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT MKK
UNNES
Mustaqim. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta,.
Purwanto, Ngalim. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Riduwan. (2012). Dasar-Dasar Statistik,. Bandung :Alfabeta,.
---------- (2015). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Suryabrata, Sumadi. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV. Rajawali Pers,.
Tu’u, Tulus. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta:Grasindo
Article Statistic
Abstract view : 843 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 2518 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Yesi Ike, Riswan Jaenudin, Ikbal Barlian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.