PELAKSANAAN PENDIDIKAN LIFE SKILLS DALAM PROGRAM WIRAUSAHA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 PALEMBANG
Abstract
Abstract:The research titled the implementation of life skills education in entrepreneurship program class XI SMA Nergeri 5 Palembang. This research is descriptive research is research that reveals facts on the ground by observing observation, conducting interviews and documentation. The research variables are life skills education in the form of extracurricular activities student entrepreneurs. The research subjects a class student of XI SMA Negeri 5 Palembang and the entire team of experts are on the debriefing of 6 branches entrepreneurs. Observation data used to determine the implementation of life skills education in entrepreneurship program and documentation used for school files. This study has show that the implemntation of life skills education in entrepreneurship program in SMA Negeri 5 Palembang say well look a lot of students who enthusiastidally participated in debriefing entrepreneurs, students can develop the potential in students.
Abstrak: Penelitian ini berjudul Pelaksanaan Pendidikan Life Skills dalam Program Wirausaha Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu penelitian yang mengungkapkan fakta lapangan dengan melakukan pengamatan observasi, melakukan wawancara serta dokumentasi. Variabel penelitian ini adalah pendidikan life skills dalam kegiatan wirausaha siswa berupa ekstrakurikuler. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 5 Palembang dan seluruh tim ahli yang memberikan pembekalan dari 6 cabang wirausaha. Data observasi digunakan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan life skills dalam program wirausaha, wawancara digunakan untuk mendapatkan data tentang proses pembekalan oleh tim ahli mengenai pendidikan life skills dalam program wirausaha dan dokumentasi digunakan untuk arsip sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan life skills dalam program wirausaha di SMA Negeri 5 Palembang dikatakan baik terlihat dari banyak siswa yang antusias mengikuti pembekalan wirausaha, siswa dapat mengembangkan potensi yang ada di dalam diri siswa.Keywords
References
Amirin. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013.Bandung: Yrama Widya.
Burn. 2004. Perilaku Organisasi Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
Hendro. 2011. Dasar-Dasar Kewirausahaan, Panduan Bagi Mahasiswa Untuk
Mengenal, Memahami, dan Memasuki Dunia Bisnis. Jakarta: Erlangga.
Iskandar. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Referensi.
Muhaimin.2009. pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP). Jakarta: Rajawali Press.
Wanto, Aris. 2011. Model Pendidikan Kecakpaan Hidup (Life skills) Bagi
Remaja Panti Asuhan Al-Hikmah Wonosari Ngaliyan Semarang. Skripsi. Semarang: Institut Agama Islam Ngeri Walisongo.
Yuyus. Et Al. 2010. Kewirausahaan, Pendekatan Karakteristik Wirausaha
Sukses. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Article Statistic
Abstract view : 329 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 1285 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Verra Wulandari, Dewi Koryati, Fitriyanti Fitriyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.