• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PENGEMBANGAN PROGRAM MYOB PADA PEMBELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA | Deskoni | Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

    PENGEMBANGAN PROGRAM MYOB PADA PEMBELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA

    Deskoni Deskoni, Rusmin AR, Firmansyah Firmansyah

    Abstract


    Abstract
    This research is aimed to produce MYOB learning materials in accounting computer learning which was valid, practice, and having the potential effects toward the learning achievement. This research prosedure using Rowntree Model which had three stages, which consists of planning, developing, and evaluating. The data validity was done through the expert evaluation stage with the percentage result from the media expert and the material expert show the results of 80% with a valid category used the validation sheet. The data practicality was done through the one-to-one evaluation with the percentage results of 87,5% and small group evaluation with the percentage results of 92,44% in the very practically category through questionnaire. The data potential effects was done through the field test stage using pretest shows the results of 45%. The data posttest shows the results of 85%. It shows an increasing in learning achievement of 40% and it can be concluded that the MYOB learning materials in accounting computer learning which was valid, practice, and having the potential effects toward the learning achievement.

    Abstrak
    Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar MYOB untuk pembelajaran komputer akuntansi yang valid, praktis, serta berefek potensial terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan model Rowntree yakni tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Untuk melihat validitas, dilakukan pada tahap evaluasi ahli dengan hasil persentase dari ahli media dan ahli materi sebesar 80% dengan kategori valid melalui lembar validasi. Untuk melihat praktikalitas, dilakukan tahap evaluasi one-to-one dengan hasil penilaian sebesar 87,5% dan tahap evaluasi small group dengan hasil penilaian sebesar 92,44% dengan kategori sangat praktis melalui angket. Untuk melihat efek potensial, dilakukan pada tahap field test dengan menggunakan tes hasil belajar awal (pre-test) diperoleh hasil persentase sebesar 45% dan hasil belajar akhir (post-test) diperoleh hasil sebesar 85%, terjadi peningkatan hasil belajar yakni sebesar 40% dan disimpulkan bahan ajar MYOB berefek potensial terhadap hasil belajar mahasiswa.

    Keywords


    Bahan Ajar MYOB, Hasil Belajar

    Full Text:

    PDF

    References


    Arsyad. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

    Atep M. 2017. Kreasi Animasi menggunakan media berbasis video animasi menggunakan Adobe After effects. Yogyakarta: ANDI

    Basir, M. Djahir dan Dwi Hasmidyani. 2015. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar. Palembang: Unsri Pers

    Enterprise, Jubilee 2016. Otodidak Adobe After effects. Jakarta: Kompas Gramedia Bulding

    Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

    Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto.2016. Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia

    Majid, Abdul.2013. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

    Muhammad, Rohman dan Sofan Amri. 2013. Strategi & Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

    Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

    Sadiman, Arief S (dkk). 2014. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers

    Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan:Jenis,Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana

    Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

    Susilana, Rudy. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan: Bagian 2 Ilmu Pendidikan Praktis. Bandung: Imtima

    Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar Ruzz Media

    Trianto. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan & Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana

    Warsita, B. 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta

    Wandah, A., 2017. Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jawa Timur: Cerdas Ulet Kreatif

    Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena




    Copyright (c) 2018 Deskoni Deskoni, Rusmin AR, Firmansyah Firmansyah

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

    e-ISSN: 2620-8504 p-ISSN: 2355-7176

    PUBLISHED BY :

    Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

    Jl. Raya Palembang - Prabumulih Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan

    email :profitp_ekonomi@fkip.unsri.ac.id

    SPONSORSHIP BY :

     INDEXED BY :

          

      JournalStories Main logo

    Creative Commons License
    The Journal PROFIT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View PROFIT Stats Flag Counter