• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • Pembinaan Perilaku Sosial dan Akhlak Mulia pada Narapidana Anak melalui Kegiatan Pelatihan Kecakapan Hidup | Meilya | Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)

    Pembinaan Perilaku Sosial dan Akhlak Mulia pada Narapidana Anak melalui Kegiatan Pelatihan Kecakapan Hidup

    Ika Rizqi Meilya, Hayatun Nupus, Hidayatullah Haila

    Abstract


    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Proses pembinaan; 2) Hasil pembinaan; serta 3) faktor pendukung dan penghambat pembinaan perilaku sosial dan akhlak mulia pada narapidana anak melalui kegiatan pelatihan kecakapan hidup di LPKA Kelas 1 Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan: dokumentasi, wawancara, dan observasi. Subjek penelitiannya: kepala bidang pembinaan, instruktur pelatihan, dan warga binaan anak. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode dan teori. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitianya: 1) proses pembinaan perilaku sosial dan akhlak mulia pada narapidana anak melalui program pelatihan kecakapan hidup meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. 2) Hasil proses pembinaan perilaku sosial dan akhlak mulia pada narapidana anak melalui program pelatihan kecakapan hidup dapat disimpulkan perilaku sosial narapidana anak menunjukan baik, akhlak mulia narapidana anak terlihat sabar, syukur dan tawadhu, kecakapan hidup narapidana anak dapat membuka usaha sendiri setelah bebas dari tahanan. 3) Faktor pendukung perilaku sosial dan akhlak mulia pada narapidana anak melalui program kecakapan hidup adalah motivasi, kesadaran diri, lingkungan keluarga dan LPKA. Sedangkan faktor penghambatnya sifat malas, bosan, sarana prasarana, metode, dan instruktur pelatihan.


    Keywords


    perilaku sosial, akhlak mulia, kecakapan hidup

    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v7i1.11501

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

    Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) (e-ISSN: 2685-1628).

    Diterbitkan oleh:
    Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya                       
    Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia

    Indexed in:

          

      View My Stats

    Flag Counter

    View My Stats