FAKTOR-FAKTOR KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA KURSUS KOMPUTER (STUDI KASUS DI KURSUS KOMPUTER TRACOM TANJUNG RAJA KABUPATEN OGAN ILIR)

Agus Agus, Azizah Husin

Abstract


Penelitian mengenai faktor kemandirian belajar peserta kursus komputer ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan faktor kemandirian belajar dari para peserta kursus. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak lima orang yang merupakan peserta kursus komputer. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kelima subjek penelitian telah menunjukkan sikap atau perilaku yang cenderung dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri atau faktor internal, seperti sikap tanggung jawab, inisiatif, percaya diri, dan disiplin dalam belajar. Namun dalam penelitian ini tidak menutup kemungkinan bahwa terdapat faktor eksternal seperti dengan ditunjangnya para peserta dalam belajar dengan sarana atau pemenuhan dalam kebutuhan dalam belajar serta pembelajaran di rumah juga didukung dengan suasana rumah yang tidak ramai.

Keywords


Kemandirian belajar, Kursus komputer, Peserta kursus.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djamarah, S. B. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghufron, M. N. & Risnawati, R. (2011). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Kompri. (2017). Belajar; Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Yogyakarta: Media Akademi.

Moloeng, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ngafifi, Muhamad. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Penddidikan: Fondasi dan Aplikasi. Vol. 2 (1).

Rohiat. (2010). Manajemen Sekolah. Bandung: Refika Aditama.

Siswanto. (2012). Bimbingan Sosial (Warga Belajar Pendidikan Nonformal). Semarang: UNNES.

Suryono, Yoyon dan Tohani, Entoh. (2016). Inovasi Pendidikan Nonformal. Yogyakarta: Graha Cendekia.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rinek Cipta

Tahar, Irzan, & Enceng. (2006). Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Pada Pendidikan Jarak Jauh. Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Vol. 7 (2).

Widodo. T. (2012). Peningkatan Kemandirian Belajar PKn Melalui Model Problem Solving Menggunakan Metode Diskusi Pada Siswa Kelas V SD Negeri Rejowinangun III Kotagede Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: UNY

Yuliyantika, S. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X,XI, dan XII di SMA Bhakti Yasa Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendidikan Ekonomi, Vol. 9 (1).




DOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v8i2.14868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) (e-ISSN: 2685-1628).

Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya                       
Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia

Indexed in:

      

  View My Stats

Flag Counter

View My Stats