Pemanfaatan Media Sosial Instagram Untuk Pengemasan dan Pemasaran Produk UMKM Guna Meningkatkan Pendapatan Keluarga di Kelurahan Pasar Muaradua
Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pengemasan dan pemasaran produk UMKM melalui media sosial Instagram guna meningkatkan pendapatan keluarga di Kelurahan Pasar Muaradua. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dekriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah pelaku UMKM yang menggunakan Instagram sebagai sarana pemasaran di Kelurahan Pasar Muaradua. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa kualitas produk dan pelayanan yang ditampilkan oleh UMKM dapat dilihat serta dinilai melalui pengemasan produk dan jasa itu sendiri, lewat hasil unggahan yang dibagikan di Instagram, selain itu dalam segi promosi, penggunaan Instagram dapat menjangkau pelanggan yang luas dan beragam, serta pemasaran yang dilakukan dapat menambah pendapatan keluarga, menghemat waktu dan biaya.
Kata kunci: UMKM, Pemanfaatan, Instagram, Pengemasan, Pemasaran
Abstract: The purpose of this study is to find out how to package and market UMKM products through Instagram social media to increase family income in the Kelurahan Pasar Muaradua. This study uses a descriptive type of research with a qualitative approach. Data collection techniques using interviews, observation and documentation. The research subject is UMKM actors who use Instagram as a marketing tool in Kelurahan Pasar Muaradua. The results of this study found that the quality of products and services displayed by UMKMs can be seen and assessed through the packaging of the products and services themselves, through the uploads that are shared on Instagram, in addition to promotion, the use of Instagram can reach a wide and diverse customer, and marketing that is done can increase family income, save time and money.
Keywords: UMKM, Utilization, Instagram, Packaging, Marketing
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahyuna., Hamzah, M.D., & Najib. M. (2013) Pemanfaatan Internet Sebagai Media Promosi Pemasaran Produk Lokal Oleh Kalangan Usaha di Kota Makassar. 2(1):36.
Indika, D.R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. 1(1):25-31.
Khafidhatur, K.R. (2019). Analisis Adopsi Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Digital Marketing Bagi UMKM Makanan dan Minuman di Jatinangor. 2(1):188-198.
Kotler, P., & Keller, K.L. (2007). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: PT Indeks.
Kurniawan, H. (2015) Efektivitas Media sosial Instagram Sebagai Media Promosi Batik Solo Inasinul. Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.
Puspitarini, D.s., Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common. 3 (1):71-80.
Soetjipto, N. (2020). Ketahanan UMKM Jawa Timut Melintasi Pandemi COVID-19. Yogyakarta: K-Media.
Sulistyowati, E., Lestari, N, S. (2016). Faktor-Faktor Penentu Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kota Yogyakarta. 6(1):24-36.
Undang-Undang N0.20 Pasal 1 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.
Wahana, A. (2018). Analisis Pemanfaatan Media Instagram Sebagai Media Pemasaran Bagi UMKM. 7(2):65-71.
DOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v10i1.15787
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia
Indexed in:
View My Stats