• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI PKBM MERAH PUTIH KOTA MAKASSAR | andi achmad | Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)

    PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI PKBM MERAH PUTIH KOTA MAKASSAR

    ilmar andi achmad, Emirati Emirati

    Abstract


    Abstrak: Penelitian ini mengkaji Penyelenggaraan Pembelajaran Program Kesetaraan Paket C di PKBM Merah Putih Kota Makassar. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penyelenggaraan Program Kesetaraan Paket C Terkhusus pada Proses Pembelajaran Paket C Di PKBM Merah Putih Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penyelenggaraan Program Kesetaraan Paket C terkhusus pada proses pembelajaran Paket C Di PKBM Merah Putih Kota Makassar. Sumber data dalam penelitian ini meliputi 4 orang tutor di PKBM Merah Putih. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini bertempat di Jl. Baji Maccini No. 4/a Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Hasil penelitian yaitu keterlibatan pendidik/tutor, di PKBM Merah Putih sebelum memulai pembelajaran tutor melakukan persiapan dengan baik seperti Silabus dan RPP, menyiapkan bahan ajar, menggunakan metode dan pendekatan yang memudahkan warga belajar dalam memahami materi yang disampaikan. Keterlibatan warga belajar, Pelaksanaan pembelajaran warga belajar menyiapkan alat tulis yang digunakan untuk mencatat materi yang disampaikan oleh tutor. Dalam penyelenggaraan program kesetaraan di PKBM Merah Putih terlihat antusias warga belajar dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Kurikulum, di PKBM Merah Putih Kota Makassar dalam pelaksanaan program kesetaraan paket C terdapat mata pelajaran, jadwal dan ruangan belajar. Mata pelajaran yang diajarkan kepada warga belajar seperti Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Ekonomi, Sosiologi, Geografi, dan PKN. Jadwal ditentukan oleh warga belajar dan tutor sedangkan ruangan belajar disiapkan oleh pengelola PKBM.


    Keywords


    Pembelajaran, Penyelenggaraan Kesetaraan Paket C, PKBM

    Full Text:

    PDF

    References


    Adi, Waluyo. 2000. Buku Pegangan Perencanaan Pembelajaran.Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

    Adi, Waluyo. 2000. Buku Pegangan Perencanaan Pembelajaran.Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

    Arief S. Sadiman. dkk. 2011. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

    Burhan Bungin. 2009. Analisis Penelitian Data Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo

    Burhan Bungin (2011). Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

    Depdiknas.2005. Panduan Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Direktorat PPTK dan KPT Dirjen Dikti

    Direktorat Pendidikan Kesetaraan. 2006. Pedoman Pengembangan Programkejar Paket A, B, dan C. Jakarta : Direktorat Pendidikan Kesetaraan

    Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

    Juliantoro, Dadang. 2000. 30 Tahun Cukup: Keluarga Berencana dan Hak Konsumen. Yogyakarta: PT. Penebar Swadaya.

    Kamil, Mustofa. 2009. Pendidikan Nonformal Pengembangan Melalui Kegiatan Belajar Mengajar PKBM di Indonesia “Sebuah Pembelajaran dari KOMINKAN di Jepang”.

    Kamil, Mustofa. 2011. Pendidikan Nonformal “Pengembangan Melalui PKBM di Indonesia”. Bandung: Alfabeta

    Lexy J. Moleong. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

    Lexy J. Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya

    Marzuki, Saleh. 2012. Pendidikan Nonformal Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan, dan Andragogi. Bandung: Remaja Rosdakarya

    Menteri Pendidikan Nasional. 2008. Standar Proses Pendidikan Kesetaraan, Program Paket A, Program Paket B dan Program Paket C. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

    Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1990. Jakarta: PT Armas Duta Jaya.

    Peraturan menteri pendidikan nasional republik indonesia Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan.

    Peraturan menteri pendidikan nasional republik indonesia Nomor 14 tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Lulusan.

    Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

    Siburian, Tiur Asi. (2013). Metodologi Penelitian Manajemen Pendidikan. Medan: Universitas Negeri Medan

    Sihombing, Umberto. 2000. Pendidikan Luar Sekolah, Managemen Strategi: Konsep, Kiat dan Pelaksanaan. Jakarta: PD. Mahkota.

    Sisdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Bandung: Citra Umbara.

    S. Nasution. (1996). Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara

    Sudjana. 2001. Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung : Falah Production.

    Sudjana. 2003. Teknik Analisis Regresi dan Korelasi bagi Peneliti. Bandung : Tarsito

    Sudjana. 2004. Pendidikan Nonformal ”Wawasan, Sejarah Perkembangan, Filsafat & Teori Pendukung, serta Asas” Bandung: Falah Production

    Sudjana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algasindo.

    Sugiyono. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

    Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

    Suharto, Edi. 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: PT Refika Aditama.

    Syaiful B. Djamarah dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

    Zubaedi, 2006. Pendidikan Berbasis Masyarakat Upaya Menawarkan Solusi Terhadap Berbagai Problem Sosial. Yogyakarta: Pustaka Belajar.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v8i2.15789

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

    Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) (e-ISSN: 2685-1628).

    Diterbitkan oleh:
    Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya                       
    Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia

    Indexed in:

          

      View My Stats

    Flag Counter

    View My Stats