MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DI TENGAH PANDEMI, SETELAH 1.5 TAHUN PENERAPAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Deti Nudiati

Abstract


Motivasi belajar pada mahasiswa sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran jarak jauh terutama selama masa pandemic covid 19. Motivasi dapat mendorong mahasiswa untuk semangat belajar dan mencapai prestasi meskipun tanpa paksaaan dari orang lain. Setelah 1.5 tahun berlalu, perlu diketahui kondisi motivasi belajar mahasiswa sebagai pengukuran. Penelitian ini ditujukan untuk secara objektif mendapatkan gambaran bagaimana motivasi belajar pada mahasiswa terutama mahasiswa Pendidikan Masyarakat setelah menjalani pembelajaran jarak jauh selama 1.5 tahun. Penelitian ini menerapkan metode penelitian survey dimana peneliti mengambil sampel dan menggunakan intrumen kuisioner sebagai alat dalam pengumpulan datanya. Berdasarkan data hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menjalani 3 semester pembelajaran jarak jauh, mahasiswa di Bandung masih memiliki motivasi yang tinggi dengan skor rata-rata variabelnya sebesar 71,76%. Angka yang paling signifikan terlihat pada indikator mempertahankan pendapatnya yaitu sebanyak 84.5%, dan paling rendah terdapat pada in dikator tekun menghadapi tugas yaitu sebesar 62.57%.


Keywords


Motivasi belajar, Mahasiswa, dan Pembelajaran Jarak Jauh

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v9i1.15895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) (e-ISSN: 2685-1628).

Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya                       
Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia

Indexed in:

      

  View My Stats

Flag Counter

View My Stats