Analisis Kebutuhan Program Pendampingan Belajar Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid 19 Di Dusun Bandingan Gombong

Yudan Hermawan, Muryati Muryati

Abstract


Analisis kebutuhan program Pendidikan yang dilaksanakan di Dusun Bandingan Gombong. Pengasuhan merupakan salah satu proses pendidikan yang ditujukan untuk orang tua. Pandemi covid-19 proses belajar apapada anak usia dini dilaksanakan dalam konsep jarak jauh dalam jaringan (berani) atau dilaksanakan di rumah masing-masing. Tujuan dari penulisan artikel ini yaitu untuk; 1) Kebutuhan melalui analisis kebutuhan masyarakat, 2)Mengetahui permasalahan yang terjadi dan menyusun strategi pengembangan program. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini yaitu orang tua atau wali murid usia dini di Dusun Bandingan Gombong.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis kebutuhan dilakukan dengan teknik analisis SWOT. Hasil menunjukkan keterlibatan orang tua dalam pendampingan belajar anak selama pandemi covid-19. Program parenting yang dilakukan sebagai pendampingan kepada orang tua untuk memberikan pengetahuan dan terkait dengan cara mendidik dan mendampingi anak usia dini dirumah

Keywords


Analisis Kebutuhan, Pendampingan Belajar, Anak usia dini, Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Andriyani, I. N. (2018). Pendidikan anak dalam keluarga di era digital. Fikrotuna, 7(1), 789-802.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Diadha, R. (2015). Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini di taman kanak-kanak. Edusentris, 2(1), 61-71.

Hermawan, Y., & Rofiq, A. (2020). Partisipasi Masyarakat dalam Pencegahan Covid-19. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(1), 17–22.

Hermawan, Yudan. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Jarak Jauh di Pendidikan Anak Usia Dini. Malang: FIP UM

Husnul,Bahri. 2018. Strategi Komunikasi Terhadap Anak Usia Dini.Bengkulu:IAIN Bengkulu,Vol. XI, No. 1, Juni

Khirjan Nahdi, S. R. (2021). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur . Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 177-186 .

Nisak, Z. (2013). Analisis SWOT untuk menentukan strategi kompetitif. Jurnal Ekbis, 9(2), 468-476.

Nokali, N. E. El, Bachman, H. J., & Votruba-drzal, E. (2010). Parent Involvement andChildren ’ s Academic and Social Development in Elementary School. ChildDevelopment, 81(3), 988–1005

Mawar, Salamah, D.N., & Fauziah (2020). Sosialisasi Peranan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Bagi Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid 19. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Website: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat

Ruhaena, L., Mulyowatie, D., Saputro, H., & Rafidah, H. D. (2021). Meningkatkan Pemahaman orang Tua dalam Mendampigi anak Belajar Di Rumah Selama Pandemic Covid 19. Abdi Psikonomi, 2, 33–41.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R& D. Bandung: IKAPI

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(September), 133–140.

Sunarty, Kustiah. 2016. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian Anak.

Tim Pengembang PP PNFI Regional I.2012.Pendidikan Keorangtuaan.Bandung:kementrian Pendidikan dan Kebudyaan,PP PNFI

Winarti, A. (2020). Implementasi Parenting Pada Pendidikan Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. JurnalPendidikan PembelajaranPemberdayaan Masyarakat, II(2), 131–145. http://ejournal.uicm-unbar.ac.id/index.php/jp3m/article/view/272/142

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740

Zumrotus, Sholichati. (2016). Pola Asuh Melalui komunikasi Efektif AUD. Yogyakarta: UNY




DOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v9i1.16759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) (e-ISSN: 2685-1628).

Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya                       
Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia

Indexed in:

      

  View My Stats

Flag Counter

View My Stats