PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD PLAMBOYAN 3 | Aulia | Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)
PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD PLAMBOYAN 3
Jihan Aulia, Dadang Danugiri, Ika Rizqi Meilya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode bermain peran dalam perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun di PAUD Plamboyan 3. Metode bermain peran merupakan salah satu cara atau teknik yang digunakan guru PAUD Plamboyan 3 dalam mencapai tujuan pembelajaran yang optimal sehingga aspek-aspek perkembangan anak dapat tercapai khususnya perkembangan bahasa anak. Namun dalam melaksanakan metode ini membutuhkan banyak waktu baik dari persiapan sampai pelaksanaan, memerlukan tempat yang luas untuk menata kelas, dan dibutuhkan teknik mengajar yang menarik agar anak ikut berpartisipasi dalam bermain peran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru dan orang tua. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode bermain di PAUD Plamboyan 3 sudah dilakukan dengan baik, ini terlihat dari hasil akhir penilaian perkembangan bahasa anak, yang mana persense BSH dan BSB jauh lebih tinggi. Yaitu 55% dan 27%