PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD PLAMBOYAN 3

Jihan Aulia, Dadang Danugiri, Ika Rizqi Meilya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode bermain peran dalam perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun di PAUD Plamboyan 3. Metode bermain peran merupakan salah satu cara atau teknik yang digunakan guru PAUD Plamboyan 3 dalam mencapai tujuan pembelajaran yang optimal sehingga aspek-aspek perkembangan anak dapat tercapai khususnya perkembangan bahasa anak. Namun dalam melaksanakan metode ini membutuhkan banyak waktu baik dari persiapan sampai pelaksanaan, memerlukan tempat yang luas untuk menata kelas, dan dibutuhkan teknik mengajar yang menarik agar anak ikut berpartisipasi dalam bermain peran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru dan orang tua. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode bermain di PAUD Plamboyan 3 sudah dilakukan dengan baik, ini terlihat dari hasil akhir penilaian perkembangan bahasa anak, yang mana persense BSH dan BSB jauh lebih tinggi. Yaitu 55% dan 27%

Keywords


Bermain peran, bahasa anak, PAUD

Full Text:

PDF

References


Agusniatih, A dan Monepa, J.M. (2019). Keterampilan Sosial Anak Usia Dini (Teori dan Metode Pengembangan). Tasikmalaya: Edu Publisher.

Rahmat, P. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Robingatin dan Ulfah, Z. (2019). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini (Analisis Kemampuan Bercerita Anak). Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Suyadi dan Ulfah, M. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rossdakarya Offset.

Yulianti, D. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Indeks.




DOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v10i1.18031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) (e-ISSN: 2685-1628).

Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya                       
Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia

Indexed in:

      

  View My Stats

Flag Counter

View My Stats